Dikepung Massa, Pemimpin Protes Bolivia Berlindung di Bandara

Selasa, 05 November 2019 - 23:00 WIB
Dikepung Massa, Pemimpin...
Dikepung Massa, Pemimpin Protes Bolivia Berlindung di Bandara
A A A
LA PAZ - Pemimpin oposisi Bolivia Luis Fernando Camacho terjebak di bandara dekat ibu kota saat massa pendukung pemerintah memenuhi bagian luar bandara.

Camacho terbang dari basis pendukungnya di Santa Cruz menuju La Paz dengan surat pengunduran diri untuk Morales setelah mendorong warga Bolivia berunjuk rasa pada Senin (4/11) malam untuk melumpuhkan lembaga pemerintah.

Kejadian ini setelah lebih dari dua pekan unjuk rasa dan mogok kerja terkait kemenangan Morales pada pemilu bulan lalu. Unjuk rasa berkepanjangan itu pun membawa negara tersebut dalam krisis politik.

Camacho yang muncul sebagai tokoh oposisi berpengaruh menyatakan pada Selasa (5/11) dini hari bahwa dia tidak dapat meninggalkan Bandara Internasional El Alto karena ada ancaman dari para pendukung Morales di luar bandara.

Ketua Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) Luis Almagro menyatakan audit pemilu 20 Oktober mendorong otoritas Bolivia menjamin kebebasan bergerak bagi Camacho.

Morales kini semakin mendapat tekanan dari kelompok oposisi agar mundur atau menggelar pemilu baru. Morales menang pemilu hanya dengan selisih 10 poin sehingga dia tidak harus mengikuti pemilu putaran kedua. OAS awalnya merekomendasikan pemilu putaran kedua.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0629 seconds (0.1#10.140)