Apa Itu Swing State? Negara Bagian Paling Menentukan pada Pemilu Presiden AS

Senin, 16 September 2024 - 11:25 WIB
loading...
Apa Itu Swing State?...
Swing state menjadi negara paling paling menentukan di AS. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Swing state tampak menonjol dalam liputan apa pun tentang pemilihan presiden Amerika Serikat : "negara bagian penentu kemenangan" yang didambakan.

Di atas karang berbatu dari sejumlah kecil negara bagian yang diperebutkan dengan sengit, impian banyak calon tokoh nasional telah hancur dan terpecah belah.

Sesuai dengan namanya, negara bagian yang masih belum jelas — juga dikenal sebagai negara bagian medan perang — berpotensi memengaruhi hasil pemilihan nasional.

Tahun ini tidak berbeda, dengan Wakil Presiden Kamala Harris dan mantan Presiden Donald Trump terkunci dalam pertarungan ketat di sejumlah negara bagian yang harus dimenangkan.

Tetapi apa itu negara bagian yang masih belum jelas? Dan mengapa mereka memainkan peran yang sangat besar dalam pemilihan presiden? Kami menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan banyak lagi dalam penjelasan singkat.

Dalam politik AS, pemilihan presiden diputuskan oleh sistem pemungutan suara berbobot yang dikenal sebagai Electoral College, bukan oleh suara rakyat. Karena itu, negara bagian yang masih belum jelas dapat memainkan peran yang sangat besar dalam menentukan hasilnya.

Masing-masing dari 50 negara bagian diberikan sejumlah suara Electoral College, yang proporsional dengan jumlah populasinya. Seorang kandidat presiden harus mendapatkan 270 elektor untuk menang.

Karena sebagian besar negara bagian secara konsisten memilih satu partai atau yang lain, sejumlah kecil negara bagian yang masih belum jelas dapat menentukan kemenangan atau kekalahan. Oleh karena itu, para kandidat cenderung menginvestasikan banyak sumber daya untuk merayu pemilih di negara bagian tersebut, dibandingkan dengan basis partai.

Apa Itu Swing State? Negara Bagian Paling Menentukan pada Pemilu Presiden AS

1. Kecenderungan Politik yang Ambigu

Apa Itu Swing State? Negara Bagian Paling Menentukan pada Pemilu Presiden AS

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, salah satu karakteristik yang menentukan dari negara bagian yang menentukan arah adalah kecenderungan politiknya yang ambigu. Namun, negara bagian yang pernah diperebutkan dapat mulai condong ke satu partai atau yang lain.

Karena alasan ini, negara bagian yang menentukan arah dapat berubah. Florida, misalnya, dianggap sebagai negara bagian yang menentukan arah dari tahun 1990-an hingga 2020, tetapi sekarang dianggap sebagai negara bagian yang dapat diandalkan sebagai negara bagian merah, karena pendaftaran pemilih Republik meningkat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)