Dilaporkan Koma, Korea Utara Rilis Foto Baru Kim Jong-un

Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:40 WIB
loading...
Dilaporkan Koma, Korea Utara Rilis Foto Baru Kim Jong-un
Pemimpin Korut Kim Jong-un memimpin pertemuan politbiro Partai Pekerja Korut. Foto ini dirilis di tengah laporan yang menyebutkan Kim Jong-un tengah koma. Foto/Global Punjab
A A A
SEOUL - Kantor berita milik Korea Utara (Korut) , KCNA, merilis sejumlah foto terbaru pemimpin negara itu Kim Jong-un . Foto-foto ini dirilis di tengah laporan yang menyebut dirinya koma dan menyerahkan kekuasaan kepada saudara perempuannya.

Foto-foto itu menunjukkan diktator muda Korut tersebut dalam kondisi sehat dan memimpin pertemuan politbiro Partai Pekerja pada Selasa lalu. Menurut KCNA, dalam pertemuan itu, Kim Jong-un menyerukan upaya pencegahan terhadap virus Corona dan topan.

"Pertemuan itu menilai beberapa cacat dalam pekerjaan anti-epidemi darurat negara bagian untuk memeriksa masuknya virus ganas," kata KCNA dalam sebuah pernyataan.

Pertemuan itu juga membahas langkah-langkah darurat negara untuk mencegah kerusakan tanaman dan korban dari Topan Bavi, yang diperkirakan akan melanda negara itu dalam beberapa hari. (Baca: Kim Jong-un Serukan Pencegahan Virus Corona dan Topan Bavi )

Korut belum melaporkan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi, tetapi Kim Jong-un mengatakan bulan lalu bahwa virus Corona dapat dikatakan telah memasuki negara itu dan melakukan penguncian setelah seorang pria dilaporkan memiliki gejalanya.

Meski begitu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meragukan hasil tes pada pria itu.

Perekonomian Korut terpukul akibat dari penutupan perbatasan baru-baru ini dan kerusakan akibat banjir.

Dilansir dari New York Post, Kamis (27/8/2020), foto-foto itu disindikasi melalui Associated Press, yang mencatat bahwa jurnalis independen tidak diberi akses ke acara tersebut dan foto tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen.

Spekulasi tentang kesehatan Kim Jong-un telah lama berputar-putar di ruang publik - dengan seorang mantan ajudan mengklaim minggu ini bahwa Jong-un itu jatuh koma beberapa bulan yang lalu setelah operasi jantung yang gagal dan penampilan publiknya adalah hasil rekaman yang dilakukan sebelumnya. (Baca: Media Korsel: Kim Jong-un Koma, Adiknya Ambil Alih Kekuasaan )

Ajudan itu mengatakan, adik perempuan Kim, Kim Yo-jong, siap membantu memimpin negara.

Awal bulan ini, foto-foto yang disetujui negara menunjukkan Kim Jong-un tiba dengan SUV mewah untuk berkeliling desa di Korut yang dilanda banjir. (Baca: Kim Jong-un Naik Mobil Mewah Sambangi Desa Dilanda Banjir )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)