Israel Halangi BBM, Rumah Sakit Indonesia Terancam Setop Beroperasi di Gaza

Selasa, 10 September 2024 - 18:30 WIB
loading...
Israel Halangi BBM,...
Rumah Sakit Indonesia mengalami kerusakan parah setelah diserang Israel. Foto/Abdullah Obeid/Eye on Palestine
A A A
JALUR GAZA - Rumah Sakit Indonesia dan Rumah Sakit Kamal Adwan, di Jalur Gaza utara, berisiko menghentikan semua operasi medis karena kekurangan bahan bakar minyak (BBM).

Kabar itu diungkap Kantor Berita Resmi Palestina WAFA. “Direktur Rumah Sakit Indonesia Marwan Sultan mengungkapkan unit perawatan intensif kelebihan beban dengan kasus-kasus kritis di samping sepuluh pasien lain yang bergantung pada ventilator,” ungkap laporan WAFA.

“Rumah Sakit Indonesia menghadapi kekurangan bahan bakar yang parah, yang mengancam untuk menghentikan sepenuhnya layanan medis jika Israel terus mencegah masuknya bahan bakar, yang membuat pasien berisiko meninggal,” papar direktur rumah sakit tersebut seperti dikutip kantor berita Anadolu.

Sultan menekankan meskipun ruang operasi bekerja sepanjang waktu, mereka mungkin menghadapi penghentian semua layanan medis karena kekurangan bahan bakar.

Rumah Sakit Kamal Adwan mengumumkan akan menghentikan semua operasi dalam 48 jam mendatang karena kekurangan bahan bakar dan habisnya pasokan medis.

Fasilitas medis tersebut memperingatkan jika hal ini terjadi, maka akan menimbulkan "ancaman besar bagi nyawa banyak pasien dan korban luka yang menerima perawatan di rumah sakit."

Pengumuman dari dua fasilitas medis tersebut tentang potensi penghentian layanan medis mereka bukanlah yang pertama dan tidak mengejutkan karena banyak rumah sakit lain menghadapi masalah yang sama karena kebijakan Israel yang terus berlanjut yang mencegah banyak komoditas pokok memasuki Jalur Gaza termasuk bahan bakar.

Rumah Sakit Al-Awda mengumumkan pada 17 Agustus bahwa mereka menghadapi potensi penghentian operasinya dalam dua puluh empat jam ke depan karena kekurangan bahan bakar yang parah.

Dalam perang genosida di Gaza, Israel secara sistematis dan tanpa henti menyerang rumah sakit, infrastruktur perawatan kesehatan, dan pekerja di Gaza.

Kementerian Kesehatan di Gaza telah berulang kali memperingatkan tentang Israel menghalangi masuknya bahan bakar, pasokan medis, dan peralatan untuk pengoperasian rumah sakit yang tersisa dan membahayakan nyawa pasien.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)