Iran dan IAEA Segera Keluarkan Pernyataan Kerja Sama Nuklir

Rabu, 26 Agustus 2020 - 23:30 WIB
loading...
Iran dan IAEA Segera Keluarkan Pernyataan Kerja Sama Nuklir
Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi (kanan) bersama Kepala Organisasi Energi Atom Iran Ali-Akbar Salehi di Teheran, Iran, 25 Agustus 2020. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran dan Badan Energi Atom Internasional ( IAEA ) akan segera mengeluarkan pernyataan bersama tentang kerja sama nuklir.

Kepala IAEA berada di Teheran untuk meminta akses bagi para pengawas ke dua lokasi yang diduga bekas fasilitas nuklir. “Dengan mencapai kesepakatan, pendekatan hukum dan teknis akan semakin kuat seiring kerja sama antara dua pihak,” papar pejabat Iran terkait Garda Revolusioner Iran, dilansir portal Nournews.

“Pernyataan bersama akan dirilis berurutan di Teheran dan Wina dalam beberapa jam,” ungkap pejabat Iran itu secara anonim.

Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi di Teheran mendorong Iran mengizinkan para pengawas IAEA memeriksa dua bekas fasilitas nuklir.

Kepala Badan Nuklir Iran Ali Akbar Salehi menyatakan perundingan dengan Grossi berjalan konstruktif. Beberapa orang dalam menjelaskan kemungkinan Iran sepakat memberi akses pada IAEA ke dua lokasi itu setelah beberapa bulan menolak.

IAEA ingin Iran mengizinkan para pengawas ke fasilitas itu karena IAEA menduga tempat itu masih menampung material nuklir atau jejak nuklir yang tak dideklarasikan.

Iran menyatakan kunjungan Grossi itu tidak terkait dengan langkah AS pekan lalu di Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan kembali sanksi PBB pada Iran sesuai kesepakatan nuklir 2015.

Indonesia sebagai presiden DK PBB menolak langkah AS tersebut. Negara-negara Eropa yang turut menandatangani kesepakatan nuklir 2015 itu juga menolak upaya AS karena Washington telah keluar dari kesepakatan itu. (Baca Juga: Presiden DK PBB Indonesia Hentikan Langkah Sanksi AS pada Iran)

“Iran berharap para anggota Dewan Keamanan PBB tidak akan membiarkan Amerika mengintimidasi anggota Dewan dan melanggar hukum internasional,” ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh. (Baca Infografis: Tsar Bomba, Bom Nuklir Terkuat Sejagad Milik Rusia Berikut Perbandingannya)

Iran menyeru IAEA menjaga jarak dari tekanan politik oleh negara-negara lain. (Lihat Video: Menaker Pastikan BLT Subsidi Gaji Rp600 Ribu Cair Akhir Agustus)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)