Media Asing Soroti Masuknya Prabowo dalam Kabinet Jokowi

Rabu, 23 Oktober 2019 - 12:40 WIB
Media Asing Soroti Masuknya Prabowo dalam Kabinet Jokowi
Media Asing Soroti Masuknya Prabowo dalam Kabinet Jokowi
A A A
JAKARTA - Sejumlah media asing turut memberitakan pengumuman kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, sorotan lebih diberikan kepada Prabowo Subianto mantan rival Presiden Jokowi sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi secara resmi telah mengumumkan dan melantik nama-nama menteri yang akan mengisi kabinetnya dalam lima tahun ke depan. Dari sekian nama tersebut terselip nama Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Masuknya Prabowo dalam Kabinet Indonesia Maju mendapat perhatian khusus dari media asing. Salah satunya Reuters. Reuters mengangkat judul 'Indonesia Cabinet Unveiled, Includes President's Main Rival' dalam pemberitaannya. Jika diartikan, Kabinet Indonesia Diumumkan, Rival Utama Presiden Masuk Didalamnya.

Dalam pemberitaannya, Reuters menyoroti rivalitas yang begitu keras antara Prabowo dengan Jokowi dalam pemilu presiden lalu.

"Prabowo Subianto, seorang mantan jenderal yang kontroversial merupakan pemimpin oposisi dalam masa jabatan pertama Widodo dan satu-satunya penantang dalam pemilu presiden yang sengit pada April lalu," tulis Reuters yang dipantau Sindonews, Rabu (23/10/2019).

Menurut Reuters, masukan Prabowo dalam kabinet Jokowi juga menimbulkan kontroversi bagi pendukung presiden. Prabowo awalnya menolak mengakui kekalahannya dalam pilpres April lalu, dan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan menyebut pilpres diwarnai dengan kecurangan yang sistematis dan penyalahgunaan kekuasaan.

Namun setelah MK menolak gugatannya, Prabowo kemudian bertemu dengan Jokowi di sejumlah kesempatan, salah satunya di stasiun MRT Lebak Bulus beberapa waktu lalu. Dengan masuknya Prabowo ke kabinet, Jokowi kini telah mendapatkan dukungan sekitar 74% kursi di parlemen, termasuk Partai Gerindra yang nahkodai Prabowo.

Media asing lain yang juga menyoroti masuknya Prabowo adalah Channel News Asia (CNA). Dalam pemberitaanya, CNA mengutip peringatan kelompok hak asasi manusia, Amnesty International Indonesia, yang meminta Jokowi untuk tidak menunjuk Prabowo. AI mengatakan penunjukkan Prabowo sebagai menteri akan menandai hari yang gelap bagi hak asasi manusia.

Prabowo adalah mantan menantu mendiang Presiden Soeharto. Ia dituduh melakukan penculikan dan penghilangan beberapa aktivis pro demokrasi yang berujung pada aksi demonstrasi jalanan besar-besaran yang menjatuhkan rezim Orde Baru pada tahun 1998.

"Namun Prabowo tidak pernah didakwa sehubungan dengan tuduhan tersebut," tulis CNA.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4342 seconds (0.1#10.140)