Mengenal Linda Sun, Politikus yang Dituding sebagai Agen Ganda China di AS

Kamis, 05 September 2024 - 23:55 WIB
loading...
Mengenal Linda Sun,...
Linda Sun disebut sebagai agen ganda China yang disusupkan bekerja di sektor pemerintahan. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Linda Sun, mantan wakil kepala staf Gubernur New York Kathy Hochul, didakwa bertindak sebagai agen yang tidak disebutkan namanya untuk Republik Rakyat China dan Partai Komunis China.

Para pejabat menuduh Linda Sun dan suaminya, Chris Hu, berkonspirasi untuk mencuci uang demi keuntungan pribadi dan pemerintah China. Warga Negara AS di Indonesia masih dapat memberikan suara pada tahun 2024.

"Terdakwa dan suaminya benar-benar bekerja untuk memajukan kepentingan pemerintah Tiongkok dan PKT," kata Jaksa Amerika Serikat Breon Peace. "Skema terlarang tersebut memperkaya keluarga terdakwa hingga jutaan dolar. Kantor kami akan bertindak tegas untuk mengadili mereka yang bertindak sebagai agen pemerintah asing yang tidak disebutkan namanya."

Agen FBI menangkap Sun dan Hu pada Selasa pagi.

Dakwaan tersebut menuduh bahwa Sun bertindak sebagai agen pemerintah China yang tidak disebutkan namanya sementara suaminya, Christopher Hu, memfasilitasi transfer jutaan dolar dalam bentuk suap untuk keuntungan pribadi.

Hal ini terjadi beberapa bulan setelah agen FBI menggeledah rumah mereka di Long Island awal musim panas ini, kata para pejabat.

Agen FBI menggeledah rumah Linda Sun di Long Island pada bulan Juli. Dakwaan terhadap Linda Sun dan suaminya, Chris Hu, masih dirahasiakan, tetapi pasangan itu diperkirakan akan hadir di pengadilan pada Selasa sore, menurut juru bicara kantor kejaksaan AS di Brooklyn.

Agen FBI menggeledah rumah Linda Sun di Long Island pada bulan Juli. FBI menggeledah rumah pasangan itu senilai USD3,5 juta di Manhasset pada akhir Juli tetapi menolak untuk merilis rincian lebih lanjut pada saat itu.

Siapakah Linda Sun? Mengenal Linda Sun, Politikus yang Dituding sebagai Agen Ganda China di AS

1. Sudah Bekerja di Pemerintahan selama 15 Tahun

Melansir Fox5Ny, Sun bekerja di pemerintahan negara bagian selama sekitar 15 tahun, memegang jabatan dalam pemerintahan mantan Gubernur Andrew Cuomo dan akhirnya menjadi wakil kepala staf Hochul, menurut profil LinkedIn-nya.

Pada bulan November 2022, ia bekerja sebagai wakil komisaris untuk pengembangan bisnis strategis di Departemen Tenaga Kerja New York, tetapi keluar beberapa bulan kemudian pada bulan Maret 2023, kata profil tersebut.


2. Dipecat setelah Ketahuan sebagai Agen Ganda

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara kantor Hochul mengatakan bahwa pemerintahan memecat Sun setelah "menemukan bukti pelanggaran."

"Orang ini dipekerjakan oleh Kamar Eksekutif lebih dari satu dekade lalu. Kami memberhentikan pekerjaannya pada Maret 2023 setelah menemukan bukti pelanggaran, segera melaporkan tindakannya kepada penegak hukum, dan telah membantu penegak hukum selama proses ini," bunyi pernyataan tersebut.

3. Memiliki Kehidupan yang Mewah

Sun dan Hu tinggal di komunitas berpagar di Stone Hill di Long Island.

Pasangan itu membeli rumah tersebut pada tahun 2021 tetapi menaruhnya dalam bentuk perwalian awal tahun ini, menurut catatan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)