Ketika Mongolia Sambut Putin dengan Karpet Merah, Bukan Borgol

Kamis, 05 September 2024 - 11:43 WIB
loading...
A A A
Kremlin mengatakan minggu lalu bahwa mereka tidak khawatir bahwa Putin akan ditangkap selama kunjungan ke Mongolia.

"Jelas tidak ada peluang untuk menangkap Putin," kata Bayarlkhagva Munkhnaran, seorang analis politik dan mantan penasihat di Dewan Keamanan Nasional Mongolia, kepada AFP.

"Menurut pandangan Ulaanbaatar, skandal terkait surat perintah ICC saat ini adalah masalah yang berlalu jika dibandingkan dengan kebutuhan untuk menjaga hubungan yang aman dan dapat diprediksi dengan Kremlin," katanya.

Lapangan Genghis Khan dihiasi dengan bendera Mongolia dan Rusia yang besar untuk kunjungan pertama Putin ke negara itu dalam lima tahun. Kedua pemimpin itu berdiri di dekat tentara Mongolia dengan kostum tradisional, beberapa di antaranya menunggang kuda.

Sekelompok kecil pengunjuk rasa telah berkumpul di sana sehari sebelumnya, dengan para demonstran memegang tanda yang bertuliskan; "Usir penjahat perang Putin dari sini".

Keamanan yang ketat mencegah protes lain yang direncanakan pada hari Selasa untuk mendekati Putin.

Tsatsral Bat-Ochir dari gerakan NoWar mengatakan bahwa dia dan aktivis lainnya telah ditahan oleh polisi karena mencoba memprotes kunjungan Putin.

"Kami mencoba memprotes penjahat perang Putin, tetapi kemudian kami ditahan secara ilegal selama lima jam," katanya kepada AFP.

Kolonel Polisi N Batbayar mengatakan para aktivis itu ditahan karena mengabaikan peringatan agar tidak memasuki area keamanan yang didirikan di alun-alun selama kunjungan Putin.

"Ini bukan penangkapan," katanya kepada AFP, seraya menambahkan bahwa tujuh orang telah dibawa masuk untuk memberikan pernyataan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)