PM Israel Tuding Mesir Bantu Selundupkan Senjata Ke Hamas, Negara-negara Arab Marah Besar!

Rabu, 04 September 2024 - 17:35 WIB
loading...
PM Israel Tuding Mesir...
PM Israel Benjamin Netanyahu tuding Mesir bantu selundupkan sendiri ke Hamas. Foto/AP
A A A
GAZA - Yordania dan Kuwait telah bergabung dalam daftar negara Arab yang membela Mesir terhadap tuduhan PM Israel Benjamin Netanyahu bahwa Kairo menyelundupkan senjata ke Hamas .

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Yordania mengatakan tuduhan tersebut "tidak berdasar" dan dimaksudkan untuk menghalangi negosiasi gencatan senjata yang sedang berlangsung, di mana Mesir merupakan mediator utama.

Qatar, Arab Saudi, dan Dewan Kerjasama Teluk juga mengutuk pernyataan Netanyahu, yang bersikeras agar Israel terus berada di koridor di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir.

Sebelumnya, Mesir menolak klaim Netanyahu bahwa senjata diselundupkan ke Hamas melalui perbatasannya.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Mesir menyebut tuduhan Netanyahu sebagai upaya untuk menghalangi upaya mediasi guna mencapai gencatan senjata Gaza dan kesepakatan pertukaran tahanan.

Netanyahu memperbarui penolakannya untuk menarik diri dari Koridor Philadelphia, wilayah demiliterisasi di sepanjang perbatasan Mesir dengan Gaza. Perdana menteri Israel mengklaim bahwa koridor tersebut merupakan "jalur hidup" bagi Hamas untuk mempersenjatai kembali.

Kairo menuduh Netanyahu "berusaha melibatkan Mesir untuk mengalihkan opini publik Israel dan menghalangi gencatan senjata dan kesepakatan pertukaran sandera, serta menghalangi upaya mediasi oleh Mesir, Qatar, dan AS."

Pemerintah Israel dianggap bertanggung jawab atas konsekuensi pernyataan-pernyataan ini “yang memperburuk situasi dan bertujuan untuk membenarkan kebijakan yang agresif dan menghasut, yang mengarah pada eskalasi lebih lanjut di kawasan tersebut.”

Mesir menegaskan kembali komitmennya “untuk melanjutkan peran historisnya dalam memimpin proses perdamaian di kawasan tersebut untuk menjaga perdamaian dan keamanan regional serta mencapai stabilitas bagi semua orang di kawasan tersebut.”

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)