PBB Desak Ankara Selidiki Eksekusi Warga Suriah oleh Milisi Pro-Turki

Selasa, 15 Oktober 2019 - 21:51 WIB
PBB Desak Ankara Selidiki Eksekusi Warga Suriah oleh Milisi Pro-Turki
PBB Desak Ankara Selidiki Eksekusi Warga Suriah oleh Milisi Pro-Turki
A A A
JENEWA - Dewan HAM PBB mendesak Turki untuk melakukan penyelidikan atas dugaan ekesekusi mati sejumlah warga sipil Suriah oleh kelompok pro-Ankara. Video eksekusi mati tersebut menyebar di media sosial pada akhir pekan lalu.

Juru bicara Dewan HAM PBB, Rupert Colville, mengatakan, mereka telah mendapatkan dan melihat video eksekusi, yang tampaknya dilakukan oleh para anggota Ahrar al-Sharqiya di dekat Manbij.

"Turki dapat dianggap sebagai negara yang bertanggung jawab atas pelanggaran oleh kelompok afiliasinya, jika Turki melakukan kontrol yang efektif terhadap kelompok-kelompok ini atau operasi dalam proses terjadinya pelanggaran tersebut," kata Colville.

"Kami mendesak pihak berwenang Turki segera untuk meluncurkan penyelidikan yang tidak memihak, transparan dan independen," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (15/10/2019).

Sebelumnya diwartakan, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia menuturkan, milisi pro-Turki mengambil bagian dalam serangan Turki di kota-kota perbatasan Kurdi di timur laut Suriah mengeksekusi 9 warga sipil.

Kabar mengenai adanya eksekusi ini juga disampaikan oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang didominasi Kurdi. SDF menuturkan, dua dari sembilan orang yang dieksekusi adalah seorang pejabat partai Kurdi dan sopirnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3877 seconds (0.1#10.140)