Belajar dari Ukraina, 5 Strategi untuk Mempertahankan Ibu Kota dari Serangan Musuh

Senin, 02 September 2024 - 12:10 WIB
loading...
Belajar dari Ukraina,...
Ukraina memiliki strategi khusus untuk mempertahankan ibu kota dari serangan musuh. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Ibu kota adalah jantung suatu negara. Ketika jantung itu mati, maka negara itu bisa saja akan mengalami kehancuran. Itulah kenapa diperlukan suatu strategi pertahanan yang tangguh untuk mengamankan ibu kota.

Salah satu peristiwa yang bisa menjadi pelajaran bersama adalah upaya Ukraina menyelamatkan serangan Rusia untuk merebut Kyiv pada 25 Februari 2022 hingga 2 April 2022. Ukraina mampu menyelamatkan Kyiv.

Belajar dari Ukraina, 6 Strategi untuk Mempertahankan Ibu Kota dari Serangan Musuh

1. Memiliki Sistem Pertahanan Udara yang Canggih

Belajar dari Ukraina, 5 Strategi untuk Mempertahankan Ibu Kota dari Serangan Musuh

Foto/AP

Menurut kepala Administrasi Militer Kyiv, Serhiy Popko, langit di atas Kyiv dilindungi beberapa lapis.

Sistem pertahanan udara jarak pendek: Gepard dari Jerman dan Avenger Short-Range Air Defense dari Amerika Serikat;

Sistem jarak menengah: MIM-23 Hawks yang diproduksi oleh Raytheon dari Amerika Serikat, NASAMS dari Raytheon dan Kongsberg Norwegia, dan IRIS-t SLM Jerman;

Sistem jarak jauh: Patriot PAC-3 AS dan Eurosam SAMP/T, yang dipasok oleh Prancis dan Italia.

Selain itu, Ukraina masih menggunakan sistem pertahanan udara Soviet, sehingga langit di atas Kyiv dilindungi dengan andal dari rudal jelajah dan balistik, serta pesawat nirawak serang, yang digunakan Rusia untuk menyerang hampir setiap hari.

Pada saat yang sama, Popko mencatat bahwa Ukraina membutuhkan sistem pertahanan udara yang lebih beragam tidak hanya untuk ibu kota, tetapi juga untuk setiap kota. Saat ini, Ukraina tidak memiliki cukup sistem untuk memberikan perlindungan yang andal bagi setiap wilayah di negara tersebut.

"Setiap sistem pertahanan udara bernilai setara dengan emas," tambah Popko.

2. Memiliki Geografis yang Unik dan Lengkap

Belajar dari Ukraina, 5 Strategi untuk Mempertahankan Ibu Kota dari Serangan Musuh

Foto/AP

Melansir Financial Times, di luar pinggiran barat laut Kyiv sebelum Hostomel, 30 km dari pusat kota, terdapat sabuk hutan. Di sisi jalan dan di persimpangan strategis terdapat sistem parit dan benteng besar yang mulai dibangun Ukraina segera setelah invasi Rusia dimulai pada awal 24 Februari.

Di sini juga, di suatu tempat di hutan, terdapat sistem rudal yang menahan pesawat Rusia keluar dari Kyiv dan menembak jatuh rudal yang masuk. Rusia tidak dapat menghancurkan baterai pertahanan udara ini pada awal perang, sebuah kegagalan besar. Namun, karena memprioritaskan ibu kota, Ukraina tidak memiliki pertahanan udara untuk kota-kota lain.

3. Memiliki Kota Satelit yang Jadi Pendukung

Belajar dari Ukraina, 5 Strategi untuk Mempertahankan Ibu Kota dari Serangan Musuh

Foto/AP

Menurut Serhii Kuzan, ketua Pusat Keamanan dan Kerjasama Ukraina, sebuah lembaga pemikir, Rusia gagal menghancurkan bagian penting dari infrastruktur militer Ukraina, seperti sistem pertahanan udara Kyiv, katanya, yang berarti kampanye mereka dengan cepat mengalami masalah.

Komandan berbagai unit terus mengikuti perintah awal mereka, meskipun kejadian tidak berjalan sesuai rencana, sehingga memperparah masalah yang muncul saat militer Ukraina bangkit menghadapi tantangan.

Pasukan Ukraina telah mengalami reformasi mendalam dalam beberapa tahun terakhir dan tidak seperti sebagian besar perwira tentara Rusia, ribuan rekan Ukraina mereka memiliki pengalaman tempur dari perang delapan tahun di timur. Ketika mereka menghadapi masalah, kata Kuzan, perwira Rusia hanya bisa mengacu ke atas dengan cara birokratis kuno sementara Ukraina mampu menyesuaikan diri dengan keadaan yang berubah dengan cepat.

4. Memiliki Warga yang Siap Mempertahankan Ibu Kota

Belajar dari Ukraina, 5 Strategi untuk Mempertahankan Ibu Kota dari Serangan Musuh

Foto/AP

Kisah Konoko menggambarkan hal ini. Duduk di atas karemat di markas besarnya di Kyiv, pistolnya di atas meja kopi dan Kalashnikov-nya disangga di samping sofa, ia menjelaskan bahwa ia telah terluka beberapa kali saat bertempur di timur setelah perang dimulai di Donbas pada tahun 2014, di mana militan pro-Rusia dan pasukan Rusia membentuk dua negara yang memisahkan diri.

Ia kemudian pensiun untuk mengelola kebun pasar. Ketika Rusia menyerang, ia dan teman-temannya, semuanya veteran Donbas, mengajukan diri untuk bergabung dengan Pasukan Pertahanan Teritorial yang baru. Tujuannya adalah untuk membebaskan para prajurit agar dapat pergi ke garis depan sementara yang lain dibiarkan bertugas di belakang garis.

Mereka ditugaskan untuk menjaga pos pemeriksaan, kata Konoko. Namun, ia tidak menyisihkan kentangnya untuk ini.

"Saya punya banyak pengalaman," katanya dengan marah. Tak lama kemudian, unitnya yang baru dibentuk, gabungan dari para veteran dan pemuda yang sangat termotivasi, berangkat ke Moschun, yang telah diduduki oleh Rusia. Unit tersebut juga dipindahkan ke komando tentara reguler. Saat ini batalion tersebut terdiri dari 725 orang.


5. Mengembangkan Aplikasi untuk Pertahanan Ibu Kota

Belajar dari Ukraina, 5 Strategi untuk Mempertahankan Ibu Kota dari Serangan Musuh

Foto/AP

Sejak saat itu, para pejabat mempermudah warga untuk mengunggah lokasi musuh melalui aplikasi Diia, portal pemerintah untuk dokumen digital seperti SIM dan kartu Covid yang digunakan oleh jutaan warga Ukraina.

Mstyslav Banik, seorang direktur di kementerian transformasi digital yang menciptakan Diia, mengatakan bahwa pada hari-hari pertama pertahanan Kyiv, sebelum Rusia menghancurkan tiang-tiang bergerak untuk mencegah warga Ukraina mengungkapkan posisi mereka, laporan mereka memainkan “peran yang sangat hebat” dalam mempertahankan kota tersebut.

Semua orang berusaha membantu, katanya, dan ini “adalah realitas perang yang baru”.

Orang-orang yang terjebak di belakang garis Rusia menggunakan chatbot, katanya, sedang memainkan peran partisan abad ke-21 di belakang garis Nazi selama perang dunia kedua. Untuk memastikan bahwa Rusia tidak memasukkan posisi Ukraina ke dalam chatbot, kata Banik, di suatu tempat di Ukraina, tim menyaring laporan sebelum diteruskan ke militer.

Menurut Lysovyy dan saksi mata lainnya di wilayah yang baru dibebaskan, karena paranoid dengan apa yang terjadi, pasukan Rusia mendatangi rumah ke rumah untuk mencari telepon pintar. Mereka juga menghancurkan laptop dan perangkat lain yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Kindle dan telepon yang hancur masih tergeletak di rumput di depan rumahnya.

Sama seperti berbahayanya menjadi partisan di belakang garis depan dalam perang dunia kedua, menggunakan telepon pintar saat ini juga bisa sama mematikannya. Di desa Motyzhyn, 50 km sebelah barat Kyiv, Hennadiy Merchynskyi dieksekusi dan dibuang ke saluran drainase. Zoya Merchynskaya, jandanya, menduga bahwa dia dibunuh setelah Rusia menemukan foto-foto tank mereka di telepon genggamnya.

Untuk memutus akses warga Ukraina di wilayah pendudukan, pasukan Rusia mulai menghancurkan unit transmisi seluler 4G. Namun, itu berarti mereka tidak dapat menggunakan sistem terenkripsi mereka sendiri. Mereka juga membutuhkan 4G. Hal ini pada gilirannya mempersulit unit-unit yang mengikuti rencana awal untuk berkomunikasi.

6. Memiliki Aliansi Militer yang Kuat

Belajar dari Ukraina, 5 Strategi untuk Mempertahankan Ibu Kota dari Serangan Musuh

Foto/AP

Meski bukan anggota NATO, aliansi militer terus mendukung Ukraina.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, mengatakan: “Ukraina terus mencegat rudal Rusia setiap hari, menyelamatkan banyak nyawa. Namun, kemampuan Ukraina untuk mempertahankan pertahanan mereka membutuhkan peningkatan pasokan dan lebih banyak dukungan. Setelah serangan Rusia terbaru, Sekutu hari ini menegaskan kembali bahwa mereka meningkatkan bantuan militer mereka ke Ukraina. Kita harus terus menyediakan Ukraina dengan peralatan dan amunisi yang dibutuhkannya untuk mempertahankan diri dari invasi Rusia. Ini penting bagi kemampuan Ukraina untuk tetap bertempur.”

Sejak dimulainya invasi penuh Rusia, NATO telah memberikan kontribusi yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi pertahanan Ukraina. Pada KTT NATO bulan Juli, banyak negara sekutu mengumumkan bahwa mereka akan mengirim Ukraina sistem pertahanan udara strategis tambahan, termasuk lebih banyak baterai Patriot, dan negara-negara sekutu sepakat bahwa bersama-sama mereka akan memberikan bantuan keamanan minimal 40 miliar euro tahun depan.

Negara-negara sekutu juga sepakat untuk mengoordinasikan bantuan keamanan dan pelatihan untuk Ukraina, dengan komando NATO yang baru mengambil alih tugas-tugas ini yang akan mulai beroperasi pada bulan September.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)