alexametrics

Trio Eropa Kutuk Operasi Militer Turki di Suriah

loading...
Trio Eropa Kutuk Operasi Militer Turki di Suriah
Tiga negara Eropa yaitu Prancis, Inggris, dan Jerman mengeluarkan pernyataan mengecam keras serangan Turki di Suriah timur laut. Foto/Istimewa
A+ A-
PARIS - Tiga negara Eropa yaitu Prancis, Inggris, dan Jerman mengeluarkan pernyataan mengecam keras serangan Turki di Suriah timur laut. Hal itu dikatakan Menteri Urusan Eropa Prancis.

Turki melancarkan operasi militer terhadap para pejuang Kurdi di timur laut Suriah pada Rabu (9/10/2019) dengan melancarkan serangan udara dan artileri menghantam posisi milisi YPG di sekitar kota perbatasan Ras al Ain. Operasi itu dilancarkan hanya beberapa hari setelah pasukan Amerika Serikat (AS) mundur dari daerah itu.

"Prancis, Jerman dan Inggris sedang menyelesaikan pernyataan bersama yang akan sangat jelas pada kenyataan bahwa kami mengutuk dengan sangat kuat dan tegas apa yang telah dilaporkan," kata Amelie de Montchalin kepada komite urusan luar negeri parlemen untuk menjawab pertanyaan tentang serangan Turki seperti dikutip dari Reuters.



Montchalin mengatakan bahwa tiga negara Eropa itu juga mempertimbangkan apakah akan membawa masalah tersebut ke Dewan Keamanan PBB.

Ia mengatakan pernyataan Uni Eropa yang terpisah dari 28 negara blok itu belum disetujui karena beberapa negara belum mendaftar. Satu sumber mengatakan Hongaria telah memblokir pernyataan itu.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak