Ini Alasan Ukraina Ngotot Kuasai Donbass, Merebut Sumber Daya Alam yang Melimpah

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 10:45 WIB
loading...
Ini Alasan Ukraina Ngotot...
Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Ukraina berjuang untuk Donbass karena sumber daya alam yang melimpah di wilayah tersebut, yang ingin dieksploitasi oleh Kiev dan para pendukung asingnya, menurut mantan presiden Rusia Dmitry Medvedev pada Jumat (30/8/2024).

Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk, yang secara resmi bergabung dengan Rusia bersama dengan Wilayah Kherson dan Zaporozhye pada musim gugur tahun 2022, "sama sekali asing" bagi Ukraina dalam hal budaya, tulis Medvedev di Telegram.

“Alasan mengapa otoritas Kiev berusaha keras untuk mendapatkan mereka kembali, sepele: uang dibutuhkan," papar dia.

"Kelompok kriminal pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky, yang telah mencuri begitu banyak, telah membawa ekonomi negara itu ke bencana, sementara para pendukung Kiev di Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa juga telah menghabiskan banyak uang untuk membantu Ukraina selama konflik, yang membuat kesal penduduk mereka,” papar Medvedev, yang menjabat sebagai wakil ketua Dewan Keamanan Rusia.

“Barat membutuhkan balasan dari Ukraina,” ujar dia, seraya menambahkan hal itu tidak ada hubungannya dengan Zelensky secara pribadi.

"Anak ini akan segera pergi, tetapi utangnya akan tetap ada. Dan itu harus dibayar, dengan bunga," ungkap mantan presiden Rusia itu.

Medevdev mengingatkan para pembaca bahwa, menurut data sumber terbuka, sumber daya alam yang terletak di Donbass diperkirakan bernilai USD7,3 triliun.

“Daerah itu kaya akan batu bara, logam, unsur tanah jarang, dan bahan berharga lainnya, termasuk litium,” papar dia.

"Untuk mendapatkan akses ke mineral yang didambakan, parasit Barat tanpa malu-malu menuntut agar bangsal mereka (di Kiev) berperang hingga warga Ukraina terakhir," tulis dia.

“Politisi Barat secara langsung menyuarakan rencana mereka,” ujar pejabat itu, merujuk pada pernyataan yang dibuat Senator Republik Carolina Selatan Lindsey Graham.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)