Jet Tempur F-16 Ukraina Pasokan NATO Jatuh dan Hancur, Dirudal Rusia?

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 08:22 WIB
loading...
Jet Tempur F-16 Ukraina...
Jet tempur F-16 pertama Ukraina yang dipasok negara-negara NATO jatuh dan hancur saat melawan serangan rudal Rusia. Foto/Kyiv Post
A A A
KYIV - Sebuah jet tempur F-16 Ukraina jatuh dan hancur pada hari Senin, menewaskan seorang pilot utama. Insiden ini terjadi selama serangan rudal besar-besaran Rusia.

Ini adalah pertama kalinya, Kyiv kehilangan jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS) pasokan negara-negara NATO.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan jet tempur itu jatuh, yang terjadi hanya beberapa minggu setelah Ukraina menerima kedatangan gelombang pertama F-16 dari negara-negara NATO.



Angkatan Udara Ukraina mengonfirmasi pada hari Kamis bahwa salah satu pilotnya, Oleksey Mes, tewas dalam pertempuran selama serangan besar-besaran Rusia pada hari Senin.

Kyiv mengatakan dia menembak jatuh tiga rudal jelajah dan satu pesawat nirawak serang sebelum dia terbunuh.

"Oleksey menyelamatkan warga Ukraina dari rudal Rusia yang mematikan," tulis Angkatan Udara Ukraina dalam pernyataan Telegram.

"Sayangnya, dengan mengorbankan nyawanya sendiri," lanjut Angkatan Udara Ukraina tanpa mengonfirmasi secara pasti apakah rudal Rusia yang menjatuhkan jet tempur modern tersebut.

Militer Ukraina mengatakan bahwa mereka kehilangan komunikasi dengan sebuah F-16 saat menghadapi serangan rudal Rusia dan kemudian mengetahui bahwa pesawat itu jatuh. Disebutkan bahwa penyebab kecelakaan tersebut sedang diselidiki.

Laporan awal menunjukkan bahwa jet itu tidak jatuh karena tembakan Rusia, kata seorang pejabat AS kepada The Wall Street Journal, yang pertama kali melaporkan hilangnya pesawat tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)