Media Asing Soroti Intrik Politik dan Gaya Hidup Mewah Keluarga Jokowi

Kamis, 29 Agustus 2024 - 10:39 WIB
loading...
Media Asing Soroti Intrik...
Media asing soroti intrik politik di Indonesia menjelang lengsernya Presiden Joko Widodo. Gaya hidup mewah keluarga presiden juga jadi ulasan. Foto/Arif Julianto/Sindonews.com
A A A
JAKARTA - Media Australia, abc.net.au, menyoroti intrik politik menjelang lengsernya Presiden Joko Widodo (Jokowi). Aksi pamer gaya hidup mewah oleh putra Jokowi, Kaesang Pengarap dan sang istri; Erina Gudono, juga diulas.

"How a complex constitutional crisis unleashed public rage at Indonesia's ruling class (Bagaimana krisis konstitusional yang rumit memicu kemarahan publik terhadap kelas penguasa Indonesia)" bunyi judul pemberitaan media asing tersebut, Rabu (28/8/2024).

Kalimat awal dalam ulasan media Australia tersebut menggambarkan sangarnya intrik politik di negeri ini. "Ini adalah pemandangan yang akan membuat politisi di negara mana pun ketakutan," tulis media tersebut.

Minggu lalu, para demonstran Indonesia membawa guillotine palsu dengan patung Presiden Jokowi Widodo dan merobohkan pagar gedung DPR di Jakarta.



Mereka menuntut penghentian upaya revisi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada) yang akan memungkinkan putra Jokowi yang berusia 29 tahun, Kaesang Pangarep, untuk mencalonkan diri sebagai gubernur provinsi—yang semakin memperkuat dinasti politik keluarga tersebut.

Putra Jokowi lainnya, Gibran Rakabuming Raka yang berusia 36 tahun, terpilih sebagai wakil presiden negara ini pada bulan Februari setelah perubahan aturan yang kontroversial.

Intrik hukumnya rumit, tulis media Australia tersebut, tetapi bagi banyak orang Indonesia masalahnya sederhana.

"Ini tentang Indonesia yang hancur lagi karena nepotisme," kata seorang wanita yang bergabung dalam protes pekan lalu kepada abc.net.au.

"Aturan baru mengarah pada nepotisme," katanya lagi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)