4 Alasan Panglima Militer Ukraina Dikenal sebagai Tukang Jagal, Salah Satunya Memiliki Tangan Besi

Kamis, 29 Agustus 2024 - 13:50 WIB
loading...
4 Alasan Panglima Militer...
Oleksandr Syrskyi selaku panglima militer Ukraina disebut sebagai tukang jagal. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Militer Ukraina mengalami perombakan kepemimpinan besar-besaran pada Februari lalu. Oleksandr Syrskyi ditunjuk sebagai panglima militer tertinggi negara tersebut.

Syrskyi dikenal sebagai pemimpin militer kawakan yang juga dikritik karena kesediaannya untuk menempatkan pasukannya dalam risiko, sedemikian rupa sehingga beberapa tentara secara sehari-hari menyebutnya sebagai "tukang jagal."

Perubahan ini terjadi pada saat yang krusial bagi perang Ukraina dengan Rusia, yang hampir memasuki tahun ketiga. Sementara Ukraina memiliki serangkaian keberhasilan awal, termasuk mengejutkan dunia dengan menahan serangan gencar terhadap Kyiv dan merebut kembali beberapa wilayah pada musim panas tahun itu, kemajuannya telah melambat karena pertahanan Rusia, dana yang menipis, dan tenaga kerja serta persenjataan yang terbatas.

Saat ini, Ukraina masih menunggu persetujuan Kongres AS untuk bantuan militer senilai USD60 miliar lagi — suntikan dana yang sangat penting — dan kaum konservatif menolak untuk melakukannya.

Semua masalah tersebut berarti mengganti jenderal tertinggi negara itu tidak mungkin menghasilkan perubahan signifikan pada lintasan Ukraina saat ini, dan mungkin ada unsur-unsur gaya Syrskyi yang ditunjukkan sejauh ini yang memperburuk moral para prajurit.

Zelenskyy menggambarkan keputusan untuk mengganti panglima tertinggi pada saat ini didorong, sebagian, oleh kebutuhan akan "perubahan yang efektif dalam dasar pertahanan kita," sehingga Ukraina dapat berhasil bergerak maju. Di luar perselisihan strategis Zelenskyy dengan Zaluzhny, beberapa ahli percaya presiden melihat sang jenderal, yang cukup populer di kalangan warga Ukraina, sebagai ancaman politik.

"Selama masa perang, Anda ingin presiden negara dan panglima militer tertinggi bekerja sama dan itu tampaknya tidak terjadi di antara mereka berdua," Charles Kupchan, seorang peneliti senior di Council on Foreign Relations, mengatakan kepada Vox.

Peralihan ke Syrskyi berarti Ukraina sekarang memiliki komandan militer yang jauh lebih dekat hubungannya dengan Zelenskyy, termasuk tujuan apa pun yang dimilikinya untuk meluncurkan serangan yang lebih besar tahun mendatang.

4 Alasan Panglima Militer Ukraina Dikenal sebagai Tukang Jagal, Salah Satunya Memiliki Tangan Besi

1. Memiliki Keahlian Militer yang Luas

4 Alasan Panglima Militer Ukraina Dikenal sebagai Tukang Jagal, Salah Satunya Memiliki Tangan Besi

Foto/AP

Oleksandr Syrskyi adalah pemimpin militer Ukraina yang berpengalaman yang telah memimpin pasukan darat negara itu sejak 2019. Dalam beberapa hal, ia dipandang oleh para ahli politik sebagai pengganti Zaluzhny yang logis mengingat keahlian militernya yang luas. Ia mengawasi keberhasilan Ukraina di Kyiv serta kemenangan yang diraih negara itu dalam serangan balik tahun 2022 di Kharkiv.

Pada saat yang sama, pilihannya telah menjadi kontroversi di kalangan tentara karena bagaimana ia menangani pertempuran di kota Bakhmut, Ukraina, yang berlangsung selama lebih dari sembilan bulan. Pertempuran itu mengakibatkan ribuan korban dan Rusia akhirnya merebut kota itu. Keputusan Syrskyi untuk tetap tinggal di Bakhmut diteliti dengan mempertimbangkan banyaknya orang yang tewas di Ukraina dan pertanyaan mengenai apakah kota itu cukup penting secara strategis untuk membenarkan jatuhnya korban jiwa tersebut.

Syrskyi dilaporkan berpendapat bahwa kerugian tersebut dapat diterima karena Ukraina membunuh lebih banyak orang Rusia dalam pertempuran untuk Bakhmut daripada yang hilang. Namun, banyak pasukannya tidak setuju, dan strateginya sejak saat itu menyebabkan beberapa prajurit memberinya julukan yang kurang menyenangkan.

"Seratus persen [bawahan saya] tidak menghormatinya karena mereka pikir dia tidak peduli dengan nyawa prajurit," kata seorang pejabat tinggi Ukraina kepada Washington Post.

2. Memiliki Kedekatan dengan Presiden Ukraina

4 Alasan Panglima Militer Ukraina Dikenal sebagai Tukang Jagal, Salah Satunya Memiliki Tangan Besi

Foto/AP

Jika Zaluzhny dianggap tidak setuju dengan Zelenskyy mengenai tujuan strategis, Syrskyi dipandang sebagai seseorang yang lebih dekat dengannya, dengan cara yang diwaspadai oleh beberapa prajurit. Seperti yang dikatakan seorang mayor di Ukraina Timur kepada Post, Zelenskyy dikenal menginginkan kemenangan yang lebih gemilang, yang dapat mengorbankan prajurit.

Mengingat rekam jejak Syrskyi dan keberpihakannya kepada Zelenskyy, mayor itu khawatir dia tidak akan mencoba melawan presiden dengan ide-ide ini dibandingkan pendahulunya — kekhawatiran yang juga dirasakan oleh orang lain di militer.

Syrskyi tampaknya mencoba mengakui moral para prajurit dalam pidato pertamanya. Dalam sebuah unggahan Telegram setelah pengangkatannya, ia mengatakan bahwa ia fokus untuk memastikan bahwa pasukan di garis depan akan memiliki kesempatan untuk "dipulihkan" dan bahwa ia berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi seperti pesawat nirawak. "Tugas-tugas baru ada dalam agenda," tulisnya.


3. Dijuluki sebagai Jenderal Besi

4 Alasan Panglima Militer Ukraina Dikenal sebagai Tukang Jagal, Salah Satunya Memiliki Tangan Besi

Foto/AP

Zaluzhny telah menjadi bagian dari operasi militer Ukraina sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Dijuluki "Jenderal Besi", ia sangat dihormati dalam masyarakat Ukraina.

Karena kemajuan Ukraina dalam perang telah terhenti, pimpinan militer AS telah mengkritik taktik Ukraina, dengan beberapa orang mengindikasikan bahwa Ukraina terlalu menghindari risiko dan telah gagal memanfaatkan pendekatan yang rumit, menurut Financial Times. Pejabat Ukraina dan pakar lainnya telah menolak karakterisasi tersebut.

4. Ingin Membalikkan Keadaan

4 Alasan Panglima Militer Ukraina Dikenal sebagai Tukang Jagal, Salah Satunya Memiliki Tangan Besi

Foto/AP

Misalnya, Michael Kofman, direktur Program Studi Rusia di CNA, dan Rob Lee, peneliti senior di Program Eurasia di Foreign Policy Research Institute, berpendapat dalam sebuah laporan untuk War on the Rocks bahwa meskipun bantuan taktis yang tidak memadai — terutama kekuatan udara — merupakan bagian dari masalah Ukraina, pemahaman Barat yang tidak memadai tentang medan perang juga tidak membantu.

Ukraina berharap untuk membalikkan keadaan perang dalam serangan Juni yang banyak digembar-gemborkan. Sebaliknya, medan perang kembali ke keadaan yang melelahkan, dengan Ukraina "berfokus pada pemulihan dan bertahan untuk melawan serangan Rusia yang terus berlanjut" di tengah berkurangnya cadangan Barat, menurut Kofman, Lee, dan Dara Massicot, peneliti senior di Program Rusia dan Eurasia di Carnegie Endowment for International Peace.

Pada bulan Desember, Rusia dan Ukraina saling serang dengan pesawat nirawak, dengan Rusia menargetkan infrastruktur penting dan sipil serta fasilitas industri pertahanan Ukraina dalam upaya untuk melemahkan kemampuan Ukraina untuk mempersenjatai dirinya sendiri. Ukraina telah mencoba untuk memperluas basis industri pertahanannya di tengah dukungan yang goyah dari komunitas internasional, dan terutama pendukung militer utamanya, AS.

Kemunduran tersebut membuat Ukraina hanya memiliki sedikit pilihan dalam pertempuran eksistensial di mana Rusia menolak untuk mundur.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)