Apa Motif Hizbullah Meluncurkan 320 Rudal Katyusha dan Drone ke Israel? Berikut 4 Alasannya

Minggu, 25 Agustus 2024 - 21:50 WIB
loading...
Apa Motif Hizbullah...
Israel meluncurkan 320 rudal dan drone ke wilayah Israel. Foto/Al Arabiya
A A A
BEIRUT - Hizbullah mengklaim telah menembakkan hingga 320 roket dan pesawat nirawak. Serangan tersebut roket-roket itu akan membuka koridor agar pesawat nirawak bersenjata dapat mencapai target pangkalan militer Israel.

Apa Motif Israel Meluncurkan 320 Rudal Katyusha dan Drone ke Israel? Berikut 4 Alasannya

1. Balas Dendam Kematian Fuad Shukr

Apa Motif Hizbullah Meluncurkan 320 Rudal Katyusha dan Drone ke Israel? Berikut 4 Alasannya

Foto/AP

Hizbullah mengatakan Minggu pagi bahwa pihaknya telah memulai pembalasan terhadap Israel atas pembunuhan Fuad Shukr, seorang komandan militer tinggi dalam kelompok yang didukung Iran.

Saat bersamaa, militer Israel yang dipersenjatai AS mengatakan pihaknya melakukan serangan pendahuluan di Lebanon selatan setelah intelijen menunjukkan ancaman yang akan segera terjadi.

Ini terjadi sesaat sebelum kunjungan jenderal militer AS ke Israel dalam beberapa hari mendatang. Seorang pejabat AS mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa intelijen selama dua hari terakhir mengisyaratkan bahwa Hizbullah akan melakukan serangan besar-besaran terhadap Israel.

2. Melibatkan Drone Kamikaze yang Menarget Lokasi Militer Israel

Apa Motif Hizbullah Meluncurkan 320 Rudal Katyusha dan Drone ke Israel? Berikut 4 Alasannya

Foto/AP

Hizbullah merilis pernyataan yang mengumumkan bagian pertama dari tanggapannya terhadap pembunuhan Shukr, yang mencakup serangan pesawat nirawak di lokasi militer "kualitatif" yang akan diumumkan kemudian, selain serangan roket di landasan peluncuran Iron Dome dan lokasi militer lainnya.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa kelompok tersebut dalam keadaan siaga tinggi dan akan membalas setiap serangan terhadap warga sipil Lebanon. "Operasi militer ini akan memakan waktu untuk diselesaikan, tetapi pernyataan terperinci akan dirilis setelahnya mengenai target dan hasilnya, Insya Allah," kata Hizbullah.


3. Serangan Udara Israel Tak Akan Melemahkan Semangat Hizbullah

Apa Motif Hizbullah Meluncurkan 320 Rudal Katyusha dan Drone ke Israel? Berikut 4 Alasannya

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, militer Israel mengatakan dalam sebuah video yang diunggah Minggu pagi bahwa "dalam tindakan membela diri untuk menghilangkan ancaman ini, [militer Israel] menyerang target teror di Lebanon, tempat Hizbullah berencana untuk melancarkan serangan terhadap warga sipil Israel."

Sebuah sumber keamanan di Lebanon mengatakan sedikitnya 40 serangan Israel telah menghantam berbagai kota di selatan negara itu dalam salah satu pemboman terpadat sejak permusuhan dimulai pada bulan Oktober.

Kabinet Israel akan bertemu pada pukul 7 pagi (0400 GMT), kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengumumkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)