alexametrics

Arab Saudi vs Iran, Perbandingan Militer Dua Kekuatan Timur Tengah

loading...
Arab Saudi vs Iran, Perbandingan Militer Dua Kekuatan Timur Tengah
Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
RIYADH - Situasi di Timur Tengah memanas pasca serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi. Iran yang dituding sebagai dalang serangan mengatakan siap berperang habis-habisan. Sementara Arab Saudi mengatakan mereka siap merespons jika Iran terbukti serang kilang minyak.

Dua musuh lama, Arab Saudi dan Iran pun kini saling berhadapan dan saling ancam. Bukan tidak mungkin jika tensi tinggi ini berujung pada pecahnya perang. Sejauh menyangkut Arab Saudi, Iran akan membuktikan musuh yang sulit untuk dihadapi sendirian. Lalu bagaimana perbandingan militer kedua negara?

Seperti dikutip dari Daily Express, Minggu (22/9/2019), menurut statistik yang disatukan oleh Global Fire Power, Iran memiliki hampir empat kali lipat jumlah personil militer dengan 873.000 berbanding 230.000 di sisi Arab Saudi.



Dalam hal pertempuran darat, Iran kembali unggul. Negeri Mullah ini memiliki 1.634 tank tempur sementara Arab Saudi hanya memiliki 1.062.

Sementara untuk kekuatan udara, kekuatan militer Iran tidak bisa menandingi Arab Saudi. Iran hanya memiliki 509 pesawat tempur, sedangkan Arab Saudi memiliki 848.

Arab Saudi masih tetap menjadi kekuatan utama di bidang minyak dengan hampir dua kali lipat jumlah cadangan minyaknya daripada Iran.

Meskipun kecakapan militer Iran secara keseluruhan lebih unggul dari Arab Saudi, potensi bagi AS untuk campur tangan serta prospek rudal Rusia menuju Riyadh bisa jadi sebuah kesalahan bagi Iran untuk terus mengumbar retorika agresifnya.

Arab Saudi telah menjanjikan tanggapan yang 'kuat', diuntungkan dari kepercayaan yang datang dengan memiliki banyak dukungan negara Barat di pihaknya.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak