UEA Susul Saudi Gabung Koalisi Maritim Bentukan AS

Kamis, 19 September 2019 - 14:21 WIB
UEA Susul Saudi Gabung Koalisi Maritim Bentukan AS
UEA Susul Saudi Gabung Koalisi Maritim Bentukan AS
A A A
ABU DHABI - Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan ikut ambil bagian dalam koalisi maritim yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS). UEA akan bergabung dengan Australia, Bahrain, Arab Saudi, dan Inggris yang telah terlebih dulu ikut serta.

Keputusan itu muncul setelah Riyadh mengumumkan pada hari Rabu bahwa ia akan berpartisipasi dalam berpatroli di wilayah tersebut dan menuduh Iran mengatur serangan terhadap senyawa minyaknya. (Baca juga: Saudi Gabung Koalisi Patroli Maritim Bentukan AS )

"UEA ingin memastikan keamanan energi global dan berlanjutnya aliran pasokan energi ke ekonomi global," kata Direktur Departemen Kerja Sama Keamanan Internasional Kementerian Luar Negeri UEA, Salem al-Zaabi, seperti disitat dari Sputnik, Kamis (19/8/2019).

Berita itu datang setelah serangan drone terhadap pabrik minyak Saudi pada hari Sabtu lalu, yang menyebabkan fasilitas itu ditutup dan mengakibatkan lonjakan harga minyak. Kelompok Houti mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, namun, Washington dan Riyadh menuduh Teheran berada di balik serangan itu.

Namun Teheran membantah tuduhan itu, menekankan bahwa militan Yaman telah melakukan penyerangan.

AS menciptakan koalisi awal tahun ini di tengah meningkatnya pertikaian dengan Iran, dengan militer Amerika mengerahkan pasukan tambahan ke Timur Tengah. Washington mendirikan blok itu setelah beberapa serangan terhadap kapal tanker minyak di Teluk Oman, yang juga dituduhkan kepada Iran, dan penyitaan kapal kargo berbendera Inggris, Stena Impero, oleh Pengawal Revolusi Islam.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3284 seconds (0.1#10.140)