Trump Akan Jatuhkan Sanksi Baru untuk Iran dalam Waktu 48 Jam

Kamis, 19 September 2019 - 13:58 WIB
Trump Akan Jatuhkan Sanksi Baru untuk Iran dalam Waktu 48 Jam
Trump Akan Jatuhkan Sanksi Baru untuk Iran dalam Waktu 48 Jam
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan mengumumkan sanksi baru terhadap iran dalam waktu 48 jam ke depan. Sanksi itu sebagai tanggapan atas serangan terhadap dua fasilitas minyak Arab Saudi pada akhir pekan lalu yang dituduhkan kepada Teheran.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Presiden AS Donald Trump. "Kami akan menambahkan beberapa sangksi yang sangat signifikan terhadap Iran," kata Trump kepada wartawan di Los Angeles seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (19/9/2019).

Sebelumnya ia mentweet bahwa ia telah menginstruksikan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin untuk secara substansial meningkatkan sanksi ekonomi terhadap Iran.

Ditanya apakah dia mempertimbangkan opsi serangan militer, Trump mengatakan AS memiliki "banyak pilihan."

"Ada opsi pamungkas dan ada opsi yang jauh lebih sedikit dari itu," katanya, menjelaskan "opsi pamungkas" berarti perang.

Sementara itu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan serangan itu merupakan tindakan perang yang dilakukan oleh Iran.

AS menuding Iran atas serangan terhadap fasilitas minyak Aramco milik Arab Saudi yang meningkatkan produksi minyak Kerajaan. Kelompok pemberontak Yaman, Houthi, mengklaim serangan tersebut.

Iran, bagaimanapun, telah membantah terlibat dalam insiden tersebut ketika ketegangan regional melonjak di tengah spekulasi pembalasan dari AS dan sekutunya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6726 seconds (0.1#10.140)