alexametrics

Trump Sebut AS Tidak Butuh Minyak Timur Tengah

loading...
Trump Sebut AS Tidak Butuh Minyak Timur Tengah
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, AS tidak membutuhkan minyak dari Timur Tengah. Foto/Reuters
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, AS tidak membutuhkan minyak dari Timur Tengah. Tawaran bantuan kepada Arab Saudi, papar Trump, semata-mata adalah bentuk dukungan AS terhadap sekutunya.

"Karena kami telah melakukannya dengan sangat baik, dengan Energi selama beberapa tahun terakhir. Kami adalah eksportir energi bersih dan sekarang penghasil energi nomor satu di dunia," kata Trump melalui akun Twitternya.

"Kami tidak membutuhkan minyak dan gas Timur Tengah dan bahkan hanya ada sedikit tanker di sana, tetapi kami tetap akan membantu Sekutu kami!" sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (17/9).



Sebelumnya, Trump mengaku tahu siapa dalang di balik serangan pesawat nirawak (drone) terhadap kilang minyak Saudi. Menurutnya, senjata Washington siap dikokang dan diisi untuk merespons serangan tersebut. Kendati demikian, jadi tidaknya aksi militer Amerika tergantung dari konfirmasi dari Riyadh.

"Pasokan minyak Arab Saudi diserang. Ada alasan untuk percaya bahwa kita tahu pelakunya, (senjata) dikokang dan diisi tergantung pada verifikasi, tetapi sedang menunggu untuk mendengar dari Saudi tentang siapa yang mereka percaya adalah penyebab serangan ini, dan dengan ketentuan apa kita akan melanjutkan!," ucapnya.

Meskipun serangan terhadap dua fasilitas minyak Arab Saudi diklaim oleh pemberontak Houthi Yaman, Washington tetap menuduh Iran sebagai pelakunya. Menurut AS, serangan itu terlalu kompleks dan terlalu dahsyat untuk dikoordinasikan oleh para pemberontak.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak