Trump Pastikan Pembicaraan Damai dengan Taliban Telah Mati

Selasa, 10 September 2019 - 15:42 WIB
Trump Pastikan Pembicaraan Damai dengan Taliban Telah Mati
Trump Pastikan Pembicaraan Damai dengan Taliban Telah Mati
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, pembicaraan damai AS dengan Taliban sudah mati. Trump memutuskan mengakhiri pembicaraan itu setelah Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan seorang tentara AS.

Berbicara kepada awak media di Gedung Putih, Trump mengatakan dia tidak akan pernah mau berbicara dengan orang-orang yang secara terbuka mengakui telah membunuh orang-orang tidak bersalah dan juga tentara AS.

"Itu (pembicaraan) telah mati, telah matisejauh yang saya ketahui, mereka sudah mati," kata Trump ketika ditanya soal nasib pembicaraan dengan Taliban, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (10/9).

"Ketika saya mendengar dengan sangat sederhana bahwa mereka membunuh satu dari tentara kita dan 12 orang tidak bersalah lainnya, saya berkata tidak mungkin saya bertemu berdasarkan itu. Tidak mungkin saya bertemu. Mereka melakukan kesalahan," sambungnya.

AS dan Taliban sejatinya sudah menyepakati draft kesepakatan damai, yang bisa menghentikan perang 18 tahun antara kedua pihak. Draft kesepakatan itu disepakati dalam putaran kesembilan pembicaraan damai antara kedua belah di Doha, Qatar beberapa waktu lalu.

Dalam draft tersebut disebutkan bahwa AS akan menarik pulang 5.000 tentara dan menutup lima pangkalan di Afghanistan, dengan imbalan jaminan bahwa Afghanistan tidak akan digunakan sebagai pangkalan untuk serangan militan terhadap Amerika.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5116 seconds (0.1#10.140)