Giliran AS Khawatir Iran Serang Israel Paling Cepat Minggu Ini

Selasa, 13 Agustus 2024 - 07:25 WIB
loading...
A A A
Dalam pengumuman publik yang tidak biasa, Austin memerintahkan kapal selam rudal berpemandu USS Georgia ke wilayah tersebut.

Ketika ditanya mengapa hal ini diumumkan secara publik, juru bicara Pentagon Mayor Jenderal Pat Ryder berkata, "Kami mencoba mengirim pesan."

Dalam upaya terakhir untuk mencegah Iran menyerang Israel, para pemimpin AS, Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia mengadakan panggilan telepon pada hari Senin.

"Kami menyatakan dukungan penuh kami terhadap upaya yang sedang berlangsung untuk meredakan ketegangan dan mencapai gencatan senjata serta kesepakatan pembebasan sandera di Gaza," demikian bunyi pernyataan bersama mereka.

Menyuarakan dukungan untuk membela Israel dari serangan Iran, kelima pemimpin tersebut mengatakan: "Kami meminta Iran untuk menghentikan ancaman serangan militer terhadap Israel dan membahas konsekuensi serius bagi keamanan regional jika serangan semacam itu terjadi."

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken diperkirakan akan melakukan perjalanan ke wilayah tersebut minggu ini, kemungkinan singgah di Israel dan Mesir.

Pemerintahan Biden telah berulang kali mengatakan akan membantu Israel menangkis serangan meskipun frustrasi dengan cara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu melancarkan perang di Gaza, yang telah menewaskan puluhan ribu warga sipil.

Selain itu, pemerintah Israel belum memberi AS apa yang disebut rencana hari berikutnya, yang menimbulkan pertanyaan tentang tujuan akhir Netanyahu.

Beberapa pihak mengkritik Netanyahu karena memperpanjang perang demi ambisi pribadi dan politik, berbeda dengan pihak lain yang menyerukan kesepakatan gencatan senjata yang akan membebaskan lebih dari 100 sandera yang ditawan Hamas.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)