Kalashnikov Luncurkan Senapan Mesin Ringan dan Peluncur Granat Tercanggih

Minggu, 11 Agustus 2024 - 14:25 WIB
loading...
Kalashnikov Luncurkan...
Perusahaan senjata Rusia yang terkenal, Kalashnikov Concern, memamerkan dua model senjata barunya di sebuah pameran di luar Moskow. Foto/RT
A A A
MOSKOW - Perusahaan senjata Rusia yang terkenal, Kalashnikov Concern, memamerkan dua model senjata barunya di sebuah pameran di luar Moskow. Senapan mesin ringan RPL-20 yang canggih dan peluncur granat di bawah laras yang dapat dengan mudah dipasang ke model senapan serbu AK modern apa pun dipamerkan di acara tersebut.

Dijuluki RPL-20, senapan mesin terbaru perusahaan tersebut memiliki sabuk pengisian dan magasin dengan hingga 200 butir peluru. Sistem pengisian baru memungkinkannya untuk dilengkapi dengan rel Picatinny yang panjang yang memungkinkan senapan mesin tersebut dilengkapi dengan berbagai sistem penglihatan dan bidikan.

Melansir RT, perangkat bidik tidak perlu dilepas meskipun senjata tersebut diisi ulang atau dibongkar, kata pabrikan tersebut. Senapan mesin tersebut memiliki kaliber 5,45 mm dan beratnya hanya lebih dari lima kilogram. Prototipe senjata tersebut awalnya diperkenalkan pada tahun 2020.

Sistem senjata tersebut sudah mulai digunakan oleh militer Rusia, kata kepala perancang senjata perusahaan tersebut, Sergey Urzhumtsev, kepada TASS. Senapan mesin tersebut bahkan telah berhasil mencapai garis depan konflik Ukraina dalam "masa uji coba," menurut Urzhumtsev, yang mengatakan bahwa senjata tersebut telah mendapatkan ulasan yang baik dari militer.

"Umpan baliknya positif," kata teknisi senjata tersebut. "[Senapan tersebut memiliki] akurasi operasional yang tinggi... dan intensitas tembakan yang tinggi."



Sistem senjata lain yang diperkenalkan di pameran tersebut adalah peluncur granat GP-46. Menurut Urzhumtsev, sistem tersebut dapat dipasang pada semua jenis senapan serbu AK berdesain standar modern. Memasang peluncur granat ke senapan serbu mudah dilakukan dan tidak memerlukan pelepasan bagian apa pun dari senjata tersebut, tambah perancang senjata tersebut.

Peluncur granat ini memiliki kaliber 40 mm, jangkauan efektif 400 m, dan dapat menembakkan lima hingga enam peluru per menit. Beratnya hanya sedikit di atas 1,5 kilogram dan memiliki sistem pengisian dan penembakan yang fleksibel yang memungkinkan seorang prajurit menggunakan kedua tangan untuk mengoperasikan peluncur. Peluncur ini juga dapat digunakan sebagai senjata terpisah karena memiliki gagang senjata yang dapat dilepas.

Menurut Kalashnikov, saat dipasang pada senapan serbu, hal itu tidak membatasi penggunaan utama senjata dengan cara apa pun.

Perusahaan ini merupakan produsen senjata otomatis dan penembak jitu terbesar di Rusia dan terkenal dengan senapan serbunya, yang merupakan salah satu yang paling dikenal di dunia. Versi pertama senjata tersebut, AK-47, digunakan oleh Tentara Merah Uni Soviet mulai tahun 1949. Selain senjata kelas militer, perusahaan ini juga memproduksi barang-barang sipil, seperti senapan berburu, sepeda motor, dan peralatan mesin.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)