Pasukan Brazil Mulai Padamkan Kebakaran Hutan Amazon

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:19 WIB
Pasukan Brazil Mulai Padamkan Kebakaran Hutan Amazon
Pasukan Brazil Mulai Padamkan Kebakaran Hutan Amazon
A A A
BRASILIA - Didukung pesawat militer, pasukan Brazil mulai dikerahkan ke Amazon untuk memadamkan kebakaran hutan yang melanda wilayah tersebut. Kebakaran hutan yang disebut sebagai paru-paru dunia itu memicu protes anti pemerintah serta dunia internasional.

"Sekitar 44.000 tentara akan tersedia untuk operasi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memadamkan api, dan pasukan menuju ke enam negara bagian Brazil yang meminta bantuan federal," kata Menteri Pertahanan Fernando Azevedo.

Negara bagian itu adalah Roraima, Rondonia, Tocantins, Para, Acre, dan Mato Grosso seperti dikutip dari ABC News.go, Minggu (25/8/2019).

Azevedo mengataka misi pertama militer akan dilakukan oleh 700 tentara di sekitar Porto Velho, Ibu Kota Rondonia. Militer akan menggunakan dua pesawat Hercules C-130 yang mampu menumpahkan hingga 12.000 liter air di atas api.

Operasi militer Brazil terjadi setelah kritik meluas terhadap penanganan Bolsonaro terhadap kebakaran hutan hujan Amazon. Pada hari Jumat waktu setempat, presiden memberi wewenang kepada angkatan bersenjata untuk memadamkan api, dengan mengatakan dia berkomitmen untuk melindungi wilayah Amazon.

Meskipun ada kekhawatiran dunia internasional, Bolsonaro mengatakan kepada wartawan pada Sabtu waktu setempat bahwa situasinya kembali normal. Dia mengatakan dia telah berbicara kepada semua orang tentang masalah tersebut, termasuk kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan beberapa pemimpin Amerika Latin.

Bolsonaro menggambarkan perlindungan hutan hujan sebagai hambatan bagi perkembangan ekonomi Brasil. Ia berselisih dengan para kritikus yang mengatakan Amazon menyerap gas rumah kaca dalam jumlah besar dan sangat penting bagi upaya untuk mengendalikan perubahan iklim.

Kebakaran hutan Amazon telah menjadi masalah global, meningkatkan ketegangan antara Brasil dan negara-negara Eropa yang percaya Bolsonaro telah mengabaikan komitmen untuk melindungi keanekaragaman hayati. Para pengunjuk rasa berkumpul di luar misi diplomatik Brazil di kota-kota Eropa dan Amerika Latin, Jumat, dan para demonstran juga berbaris melakukan aksi di Brazil.

"Paru-paru planet ini terbakar. Ayo selamatkan!" membaca tanda di sebuah protes di luar kedutaan Brazil di Mexico City.

Perselisihan itu merebak ke arena ekonomi ketika pemimpin Prancis Emmanuel Macron mengancam akan memblokir kesepakatan perdagangan Uni Eropa dengan Brazil dan beberapa negara Amerika Selatan lainnya.

Dalam pesan video mingguan yang dirilis Sabtu, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan para pemimpin Kelompok Tujuh "tidak bisa diam" dan harus membahas bagaimana membantu memadamkan api.

Bolsonaro mengatakan dia ingin mengkonversi lahan untuk padang rumput ternak dan pertanian kedelai. Jaksa penuntut Brasil sedang menyelidiki apakah lemahnya penegakan peraturan lingkungan mungkin telah berkontribusi pada lonjakan jumlah kebakaran.

Kementerian Kehakiman Brazil juga mengatakan polisi federal akan dikerahkan di zona api untuk membantu lembaga negara lainnya dan memerangi penggundulan hutan ilegal.

Kebakaran biasa terjadi di Brasil pada musim kemarau tahunan, tetapi tahun ini lebih luas. Pakar negara Brazil melaporkan hampir 77.000 kebakaran hutan di seluruh negeri pada tahun ini, naik 85% dibandingkan periode yang sama pada 2018.

Lebih dari setengah dari kebakaran itu terjadi di wilayah Amazon.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8541 seconds (0.1#10.140)