Negara Tetangga Indonesia Uji Rudal Canggih SM-6 Amerika untuk Pertama Kalinya

Minggu, 11 Agustus 2024 - 07:56 WIB
loading...
Negara Tetangga Indonesia...
Australia, negara tetangga Indonesia, uji rudal canggih SM-6 Amerika untuk pertama kalinya. Foto/Raytheon
A A A
SYDNEY - Australia, negara tetangga Indonesia, mengumumkan pada Sabtu bahwa mereka telah menguji coba SM-6—rudal canggih buatan Amerika Serikat (AS)—untuk pertama kalinya.

Tes misil dari kapal perang itu menjadi langkah besar dalam memperoleh dan mengintegrasikan senjata pertahanan udara ke dalam inventaris militer Canberra.

Kapal perang HMAS Sydney melakukan uji coba SM-6 di dekat negara bagian Hawaii, AS, sebagai bagian dari latihan Pacific Dragon 2024. Demikian disampaikan Kementerian Pertahanan Australia, menyebutnya sebagai "tonggak penting" dalam kesepakatan yang pertama kali disetujui pada tahun 2021.

SM-6 adalah rudal pertahanan udara Angkatan Laut tercanggih di gudang senjata AS, dan juga telah diuji untuk menyerang kapal dan target darat, dan dalam skenario udara-ke-udara.



“Ini adalah contoh lain dari percepatan perolehan kemampuan penting bagi Angkatan Laut," kata Pat Conroy, Menteri Pertahanan dan Penyediaan Kemampuan Australia, seperti dikutip Reuters, Minggu (11/8/2024).

“Kemampuan untuk menghalangi musuh dari jarak jauh dan untuk menghalangi upaya untuk memproyeksikan kekuatan terhadap Australia adalah bagian inti dari Strategi Pertahanan Nasional.”

Australia telah berupaya untuk meningkatkan kemampuan militernya dalam menghadapi meningkatnya ketegangan dengan China, termasuk peningkatan pangkalan yang didanai AS.

Memperluas wilayah yang dapat dipertahankan kapal memaksa musuh untuk beroperasi lebih jauh, memungkinkan Angkatan Laut Kerajaan Australia (RAN) untuk maju lebih jauh ke perairan yang disengketakan jika terjadi konflik.

Pada bulan Maret, Australia membantu uji SM-6 AS yang terpisah dengan menyediakan pengumpulan data, komunikasi, dan pelacakan, menurut Badan Pertahanan Rudal AS.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)