Penyebab Pesawat Jatuh Tewaskan 62 Orang di Brasil: Berputar-putar di Udara karena Mogok

Minggu, 11 Agustus 2024 - 07:24 WIB
loading...
A A A
Namun, para pakar mengatakan, lapisan es saja tidak akan menyebabkan kecelakaan. Dalam sebagian besar keadaan, pilot dapat mencegah lapisan es menyebabkan pesawat mogok, bahkan jika sistem pesawat gagal.

Jika sistem peringatan es tidak berfungsi, pilot seharusnya dapat melihat es di sayap dan wiper kaca depan, kata mereka. Dan jika sistem pemecah es tidak berfungsi, pilot dapat menurunkan ketinggian pesawat, yang akan menyebabkan suhu yang lebih rendah menyentuh es. "Kita berbicara tentang Brasil di sini, bukan Antartika," kata Cox. Suhu di tanah tempat pesawat jatuh sekitar 63 derajat.

Untuk turun ke ketinggian yang lebih rendah, pilot biasanya terlebih dahulu memberi tahu pengontrol lalu lintas udara. Namun pejabat Brasil mengatakan pilot tidak berkomunikasi dengan pengontrol sebelum kecelakaan. "Tidak ada pernyataan keadaan darurat apa pun dari pesawat," kata Moreno, penyelidik kecelakaan.

Para pakar mengatakan mereka bingung dengan kurangnya komunikasi.

"Mereka mungkin telah mencoba berbicara dan radio mati, komunikasi pun gagal," kata Joselito Paulo, presiden Asosiasi Keamanan Penerbangan Brasil. “Atau mereka melakukan komunikasi, tetapi tidak dicegat oleh pengawas lalu lintas udara.”

“Jika tidak ada komunikasi,” tambahnya, “itu adalah sesuatu yang sangat cepat, tidak terduga.”

Marcel Moura, direktur operasi VoePass, maskapai yang mengoperasikan penerbangan tersebut, mengatakan kepada wartawan bahwa penyelidik akan memeriksa semua kemungkinan penyebabnya.

“Pesawat itu sensitif terhadap es. Itu adalah titik awal,” katanya. “Tetapi masih terlalu dini untuk membuat diagnosis.”

Di lokasi kecelakaan di dalam kompleks perumahan berpagar pada hari Sabtu, petugas memeriksa reruntuhan untuk mencoba mengeluarkan jenazah korban. Pada Sabtu malam, mereka telah menemukan 42 dari 62 orang yang meninggal.

Di antara penumpang dalam penerbangan tersebut terdapat sedikitnya empat dokter yang sedang dalam perjalanan ke sebuah konferensi medis, serta profesor universitas, seorang DJ, seorang binaragawan, dan seorang wasit judo, menurut laporan berita lokal. Semua penumpang adalah warga negara Brasil, meskipun tiga orang memiliki kewarganegaraan ganda dengan Venezuela dan satu orang dengan Portugal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)