Pakar Sebut Pembunuhan Pemimpin Hamas oleh Israel secara Sistematis Sudah Gagal

Rabu, 07 Agustus 2024 - 16:00 WIB
loading...
Pakar Sebut Pembunuhan...
Pembunuhan pemimpin Hamas oleh Israel dianggap gagal secara sistematis setelah terpilihnya Yahya Sinwar pemimpin pejuang Palestina. Foto/EPA
A A A
GAZA - Di tengah ancaman para pemimpin Israel bahwa mereka akan menargetkan kepala politik baru Hamas , Yahya Sinwar , untuk dibunuh, tetapi upaya tersebut dianggap gagal secara sistematis.

Rami Khouri, seorang peneliti kebijakan publik terkemuka di Universitas Amerika di Beirut, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Israel telah gagal menyadari bahwa kebijakannya untuk membunuh para pemimpin perlawanan Palestina secara sistematis telah gagal.

"Mereka mungkin akan mencoba membunuh lebih banyak orang. Namun, itu tidak ada gunanya. Aneh bahwa orang Israel tidak melihat bahwa ketika mereka membunuh seseorang, mereka mendapatkan seseorang yang lebih radikal," kata Khouri.



"Inilah yang terjadi. Ketika Haniyeh dibunuh, Sinwar mengambil alih. Sinwar secara umum dianggap sedikit lebih keras," katanya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Israel Katz mengecam penunjukan Yahya Sinwar sebagai pemimpin biro politik Hamas setelah pembunuhan Ismail Haniyeh.

Di X, Katz mengatakan tadi malam bahwa pengangkatan tersebut adalah "alasan lain untuk segera menyingkirkan [Sinwar] dan menghapus memori organisasi ini dari muka bumi".

Sinwar, 61 tahun, yang memimpin Hamas di Jalur Gaza, dipandang oleh Israel sebagai dalang di balik serangan 7 Oktober.

Pengangkatannya dilakukan setelah Haniyeh tewas dalam serangan di kediamannya di Iran minggu lalu.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)