Alasan Kemanusiaan, Israel Izinkan Anggota Kongres AS Sambangi Tepi Barat

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 17:35 WIB
Alasan Kemanusiaan, Israel Izinkan Anggota Kongres AS Sambangi Tepi Barat
Alasan Kemanusiaan, Israel Izinkan Anggota Kongres AS Sambangi Tepi Barat
A A A
TEL AVIV - Israel mengumumkan akan mengizinkan anggota Kongres Amerika Serikat (AS), Rashida Tlaib, untuk mengunjungi keluarganya di Tepi Barat yang diduduki dengan alasa kemanusiaan. Pengumuman ini dikeluarkan sehari setelah pemerintah Israel mengatakan akan melarangnya masuk untuk kunjungan politik yang direncanakan.

Dalam sebuah langkah kontroversial yang menarik teguran keras dari politisi AS dan bahkan kelompok lobi pro-Israel AS yang paling kuat, Israel mengatakan akan melarang Tlaib dan anggota parlemen Partai Demokrat lainnya, Ilhan Omar, masuk ke negara itu. Penyebabnya adalah dukungan yang diberikan oleh keduanya terhadap gerakan boikot pro-Palestina. (Baca juga: Resmi, Israel Larang Ilhan Omar Cs Kunjungi Yerusalem )

Setelah larangan itu, Tlaib mengajukan permohonan pribadi dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri Israel, Aryeh Deri, yang disetujui pada Jumat (16/8/2019) pagi waktu setempat.

"Saya ingin meminta izin masuk ke Israel untuk mengunjungi kerabat saya, dan khususnya nenek saya, yang berusia 90-an dan tinggal di Beit Ur al-Fouqa," seperti dilaporkan Ynet, portal online untuk surat kabar terbesar Israel, yang mengutip isi surat itu.

“Ini bisa menjadi kesempatan terakhirku untuk melihatnya. Saya akan menghormati segala batasan dan tidak akan mempromosikan boikot terhadap Israel selama kunjungan saya,” tambahnya seperti dikutip dari The Guardian.

Tlaib, yang mewakili Michigan, adalah keturunan Palestina dan memiliki keluarga di wilayah Palestina. Dia harus melewati keamanan Israel untuk mengakses desa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5488 seconds (0.1#10.140)