Selain PM Bangladesh Sheikh Hasina, Ini Dereten Pemimpin Kabur saat Negara Kacau

Selasa, 06 Agustus 2024 - 09:06 WIB
loading...
Selain PM Bangladesh...
Massa duduki istana PM Bangladesh yang mengundurkan diri dan kabur, Sheikh Hasina. Selain Hasina ada sejumlah pemimpin dunia yang kabur saat negaranya kacau. Foto/EPA-EFE/STR
A A A
DHAKA - Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina mengundurkan diri lalu melarikan diri ke India pada hari Senin. Aksinya ini menambah daftar pemimpin dunia yang kabur saat negaranya sedang kacau.

PM Hasina mengundurkan diri setelah sekitar 300 orang tewas dalam tindakan keras terhadap demonstrasi yang dimulai sebagai protes terhadap kuota pekerjaan. Gelombang demo semakin membengkak dan berubah menjadi tuntutan lengsernya Hasina.

Putra Hasina, Sajeeb Wazed Joy, mengatakan kepada BBC World Service bahwa ibunya telah meninggalkan Bangaldesh demi keselamatannya sendiri atas desakan keluarga.

"Hasina sangat kecewa karena setelah semua kerja kerasnya, ada minoritas yang bangkit melawannya," kata Joy, Selasa (6/8/2024).



Derten Pemimpin Dunia Kabur saat Negara Kacau

1. PM Bangladesh Sheikh Hasina


Dia mengundurkan diri dan melarikan diri ke India dengan helikopter militer pada hari Senin.

Hasina kabur saat Bangladesh dilanda kekacauan, yang dipicu protes mahasiswa atas kuota pekerjaan—yang direspons keras oleh pasukan pemerintah.

2. Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa


Presiden Sri Lanka dari November 2019 hingga Juli 2022, Rajapaksa menghadapi protes hebat dan keresahan publik karena krisis ekonomi yang parah, yang meliputi kekurangan barang-barang kebutuhan pokok dan bahan bakar.

Pada Juli 2022, ketika protes meningkat dan demonstran menyerbu kediaman resminya, Rajapaksa meninggalkan negaranya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)