AS Terus Dorong Saudi Normalisasi Hubungan dengan Israel

Selasa, 25 Agustus 2020 - 05:05 WIB
loading...
AS Terus Dorong Saudi Normalisasi Hubungan dengan Israel
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (kiri), Jared Kushner (tengah) dan istrinya Ivanka Trump. Foto/presstv
A A A
WASHINGTON - Penasehat senior dan menantu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Jared Kushner akan mengunjungi Arab Saudi , Bahrain dan Oman pada awal September.

Tujuan kunjungan Kushner itu untuk meyakinkan para pemimpin Teluk agar menormalisasi hubungan dengan Israel seperti yang sudah dilakukan Uni Emirat Arab (UEA).

Portal berita Axios mengutip sumber dari Israel dan Arab yang menyebut Kushner akan ditemani perwakilan Gedung Putih untuk negosiasi internasional Avi Berkowitz.

Tur akan dimulai dengan kunjungan ke Yerusalem dan kemudian UEA dengan tujuan melihat penerapan kesepakatan untuk normalisasi hubungan dengan Israel.

“Pejabat yang mengetahui rencana tur itu menyatakan, ‘Kushner akan berupaya selama perundingan yang akan dia lakukan dengan beberapa pemimpin di kawasan untuk mendorong lebih banyak negara Arab mengikuti langkah UEA dan bergerak maju menuju normalisasi penuh hubungan dengan Israel,” ungkap laporan portal berita Axios.

Axios menambahkan, delegasi AS yang termasuk Penasehat Keamanan Nasional Robert O’Brien dan Perwakilan Khusus Departemen Luar Negeri untuk Iran Brian Hook akan mengunjungi Arab Saudi, Bahrain dan Oman. (Baca Juga: Pangkalan Rahasia Kapal Selam Nuklir China Ini Momok bagi Laut China Selatan)

Trump sebelumnya menyatakan dia melihat kemungkinan Saudi mengikuti kesepakatan serupa dengan Israel. Trump ingin menggelar upacara resmi pada September di lapangan Gedung Putih untuk menandatangani kesepakatan UEA dan Israel. (Baca Infografis: Pesawat Sukhoi SU-57 Versi Ekspor Siap Didemonstrasikan Rusia)

Pada 13 Agustus, Trump mengumumkan kesepakatan damai antara UEA dan Israel yang dimediasi Washington. (Lihat Video: Melaju Kecepatan Tinggi, Bus Tabrak Elf di Tol Cipali, 4 Orang Tewas 2 Luka Berat)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)