USAID Ungkap Kerja Sama dengan Indonesia soal Respons Tsunami

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 21:32 WIB
USAID Ungkap Kerja Sama dengan Indonesia soal Respons Tsunami
USAID Ungkap Kerja Sama dengan Indonesia soal Respons Tsunami
A A A
WASHINGTON - Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (AS) atau USAID mengakui memiliki sejumlah kerja sama dengan otoritas terkait di Indonesia perihal bantuan manajemen bencana. Bantuan itu mulai dari respons cepat hingga pemulihan pasca-bencana, khususnya tsunami.

"Kami memiliki kantor bantuan bencana luar negeri yang menyediakan respons darurat dan sangat aktif di Indonesia, terutama saat terjadi tsunami. Mereka bekerjasama dengan kantor kami di Indonesia," kata Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrator USAID, Gloria D Steele, Sabtu (10/8/2019).

"Jadi, mereka menyediakan respons darurat dan kantor kami di Indonesia yang mengurusi pemulihan pasca-bencana, membantu membangun ulang rumah, klinik, sekolah, dan juga bekerjasama dengan komunitas setempat untuk membantu meminimalisir risiko atau dampak dari bencana," ujar Steele. "Itu area pekerjaan kami, dari bantuan darurat hingga bantuan jangka panjang."

Dia menambahkan, selain bekerjasama dengan negara anggota, USAID juga melakukan kerja sama dengan badan penaggulangan bencana ASEAN. Tujuannya, untuk membantu negara lain di kawasan yang terkena bencana alam.

"Selain itu, berhubungan kantor Sekretariat ASEAN yang berada di Jakarta, kami juga bekerja dengan badan bantuan bencana ASEAN yang berbasis di Indonesia. Badan ini bekerja juga di negara ASEAN lain, bukan hanya di Indonesia," paparnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3722 seconds (0.1#10.140)