Garda Revolusi: Ismail Haniyeh Dibunuh dengan Misil Jarak Pendek Seberat 7 Kg

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 19:44 WIB
loading...
Garda Revolusi: Ismail...
Garda Revolusi Iran menyatakan Ismail Haniyeh dibunuh dengan misil jarak pendek. Foto/EPA
A A A
TEHERAN - Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan bahwa pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, terbunuh oleh "proyektil jarak pendek dengan hulu ledak sekitar 7 kg [15,4 pon] yang disertai ledakan hebat dari luar kamarnya".

Dalam sebuah pernyataan, IRGC mengatakan pembunuhannya telah "direncanakan dan dilaksanakan oleh rezim Zionis" dan didukung oleh "pemerintah kriminal AS".

Dikatakan bahwa tanggapan Teheran akan "keras dan pada waktu, tempat, dan cara yang tepat".

Sebelumnya, Haniyeh dibunuh di Teheran pada hari Rabu menggunakan alat peledak yang disembunyikan secara diam-diam di wisma tempat ia menginap, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada CNN.

Menurut sumber yang telah diberi pengarahan tentang operasi tersebut, bom tersebut disembunyikan sekitar dua bulan lalu di wisma tamu tempat Haniyeh diketahui menginap di Teheran dan diledakkan dari jarak jauh saat ia berada di dalam kamarnya di sana.

Pemerintah Iran dan Hamas mengatakan Israel melakukan pembunuhan tersebut. Israel tidak membenarkan atau membantah keterlibatannya.

Pejabat AS diberi pengarahan tentang operasi tersebut oleh pejabat Israel hanya setelah pembunuhan tersebut, kata sumber tersebut.

The New York Times adalah yang pertama melaporkan rincian pembunuhan Haniyeh.

Pembunuhan Haniyeh sekali lagi menimbulkan kekhawatiran bahwa konflik Israel dengan Hamas dan sekutunya dapat berkembang menjadi perang multi-front yang meluas di Timur Tengah.

Media pemerintah Iran dan Hamas sebelumnya mengindikasikan bahwa Haniyeh terbunuh oleh roket yang ditembakkan dari luar gedung tempat ia menginap.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)