Oposisi Tak Terima Maduro Menang Pilpres, Demo Besar Guncang Venezuela

Selasa, 30 Juli 2024 - 10:12 WIB
loading...
Oposisi Tak Terima Maduro...
Demo besar guncang Caracas setelah presiden petahana Nicolas Maduro menang pilpres Venezuela. Kubu oposisi tak terima dengan kemenangan Maduro. Foto/EPA-EFE/Henry Chirinos
A A A
CARACAS - Kubu oposisi tak terima dengan kemenangan presiden petahana Nicolas Maduro dalam pemilihan presiden (pilpres) Venezuela. Respons oposisi itu memicu demo besar di beberapa wilayah di Caracas sejak Senin.

Setelah pagi yang sangat tenang di Caracas, Ibu Kota Venezuela, demonstran mulai membanjiri jalan-jalan di beberapa lingkungan Caracas sekitar jam makan siang.

Demo pecah ketika kemenangan Maduro yang disengketakan sedang disertifikasi oleh Dewan Pemilihan Nasional (CNE) yang dianggap sebagai loyalis presiden petahana.



Puluhan pengunjuk rasa segera berubah menjadi ratusan karena semakin banyak orang bergabung dalam demonstrasi meskipun pasukan polisi dikerahkan dalam jumlah besar.

Di salah satu lingkungan, Petare, para demonstran beteriak: "Ini akan jatuh, ini akan jatuh, pemerintah ini akan jatuh!"

"Kebebasan, kebebasan!" teriak demonstran yang lain sembari membakar spanduk kampanye Maduro.

"Kami menutup bisnis kami untuk bergabung dalam protes. Kami kecewa. (Hasil pilpres) ini tidak mencerminkan kenyataan. Kami memilih menentang Nicolas,” kata Carolina Rojas (21), salah seorang demonstran, kepada AFP, yang dilansir Selasa (30/7/2024).

“Kami keluar karena ada kecurangan,” imbuh David (40), demonstran yang tidak mau menyebutkan nama belakangnya.

“Mereka memanggil tentara, tetapi...kami harus protes,” katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)