Israel Akan Berperang di Semua Front

Minggu, 28 Juli 2024 - 16:05 WIB
loading...
Israel Akan Berperang...
Israel akan melancarkan perang di semua front. Foto/EPA
A A A
GAZA - Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz berjanji untuk meluncurkan respons "tidak proporsional" setelah Hizbullah diduga menewaskan 12 orang dalam serangan roket di lapangan sepak bola di Dataran Tinggi Golan.

Insiden itu telah membawa Israel ke ambang "perang habis-habisan" dengan kelompok itu, Katz telah memperingatkan.

Sebagian besar yang tewas adalah anak-anak, dan lebih dari puluhan lainnya terluka akibat serangan di kota Majdal Shams pada hari Sabtu, menurut layanan ambulans Magen David Adom Israel.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyalahkan serangan itu pada "kelompok Hizbullah." "Tidak diragukan lagi bahwa Hizbullah telah melewati semua garis merah," kata Katz kepada Channel 12 News milik Israel. "Kami menghadapi perang habis-habisan" dengan kelompok itu, lanjutnya, seraya menambahkan bahwa Israel "akan menanggapi secara tidak proporsional."

Katz mengatakan bahwa ia "tidak akan menjelaskan secara rinci" seperti apa tanggapan tersebut, tetapi mengklaim bahwa Israel memiliki "dukungan penuh" dari AS dan Eropa untuk meningkatkan serangan terhadap Hizbullah.



Gerakan politik dan pasukan paramiliter yang didukung Iran yang kuat itu memasuki konflik Israel-Hamas Oktober lalu. Para pejuangnya sejauh ini telah melancarkan kampanye terbatas serangan pesawat nirawak dan rudal terhadap Israel utara, yang menurut pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah pada November ditujukan untuk mengikat pasukan Israel di dekat perbatasan Lebanon guna mencegah pengerahan mereka ke Gaza.

Para pejabat di Washington telah memperingatkan Hizbullah dan Israel agar tidak memicu perang skala penuh, yang berpotensi meningkat menjadi konflik besar yang melibatkan AS dan Iran.

Sejak perang Israel-Hamas dimulai, Katz dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah beberapa kali mengisyaratkan bahwa perang dengan Hizbullah mungkin akan segera terjadi. Pernyataan-pernyataan ini biasanya muncul setelah serangan yang lebih besar dari biasanya oleh kelompok tersebut atau insiden-insiden yang dianggap memalukan bagi militer Israel.

Ketika Hizbullah menerbangkan pesawat nirawak pengintai di atas pelabuhan Haifa di Israel bulan lalu, Katz menyatakan bahwa "kita semakin dekat dengan momen untuk memutuskan mengubah aturan main melawan Hizbullah dan Lebanon."

"Dalam perang habis-habisan, Hizbullah akan dihancurkan dan Lebanon akan kalah telak," tambahnya.

Hizbullah mengklaim bahwa mereka "tidak memiliki hubungan" dengan serangan di Majdal Shams. Namun, kelompok tersebut telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan roket di pangkalan militer terdekat, yang digambarkannya sebagai pembalasan atas kematian tiga pejuangnya dalam serangan udara Israel pada Sabtu pagi.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)