Kabul Minta Klarifikasi Trump Soal Bumi Hanguskan Afghanistan

Selasa, 23 Juli 2019 - 17:52 WIB
Kabul Minta Klarifikasi Trump Soal Bumi Hanguskan Afghanistan
Kabul Minta Klarifikasi Trump Soal Bumi Hanguskan Afghanistan
A A A
KABUL - Pemerintah Afghanistan meminta klarifikasi pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump soal Afghanistan. Di mana Trump mengatakan dapat memenangkan perang Afghanistan hanya dalam 10 hari, dengan memusnahkan Afghanistan dari muka bumi.

"Negara Afghanistan tidak dan tidak akan pernah membiarkan kekuatan asing menentukan nasibnya," kata istana kepresidenan Afghanistan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (23/7).

"Sementara pemerintah Afghanistan mendukung upaya AS untuk memastikan perdamaian di Afghanistan, pemerintah menggarisbawahi bahwa kepala negara asing tidak dapat menentukan nasib Afghanistan tanpa kepemimpinan Afghanistan," sambungnya.

Berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Presiden Pakistan, Imran Khan di Gedung Putih, Trump mengatakan AS hanya membutuhkan satu pekan untuk mengalahkan Taliban. Tapi, cara ini dapat menghancurkan Afghanistan.

"Saya bisa memenangkan perang itu dalam seminggu. Afghanistan akan terhapus dari muka bumi, secara harfiah dalam 10 hari. Saya tidak ingin menempuh rute itu. Saya tidak ingin membunuh 10 juta orang," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Trump kemudia mengatakan, dia berharap Pakistan membantu AS menarik pasukannya dari Afghanistan. Penarikan pasukan adalah salah satu poin dalam pembicaraan damai antara AS dan Taliban.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2884 seconds (0.1#10.140)