Jet-jet Tempur AS-Kanada Cegat 4 Pesawat Pengebom Nuklir Rusia dan China

Kamis, 25 Juli 2024 - 07:42 WIB
loading...
Jet-jet Tempur AS-Kanada...
Jet-jet tempur AS dan Kanada mencegat 4 pesawat pengebom berkemampuan nuklir milik Rusia dan China di dekat Alaska. Foto/Ilustrasi dari National Interest
A A A
WASHINGTON - Jet-jet tempur Amerika Serikat (AS) dan Kanada telah mencegat empat pesawat pengebom berkemampuan nuklir milik Rusia dan China di wilayah udara internasional dekat Alaska pada Rabu waktu setempat.

Aksi intersepsi pesawat militer itu diumumkan Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD) gabungan AS-Kanada.

“NORAD mendeteksi, melacak, dan mencegat dua pesawat militer TU-95 Rusia dan dua pesawat militer H-6 RRC [Republik Rakyat China] yang beroperasi di Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Alaska,” kata NORAD, seperti dikutip AFP, Kamis (25/7/2024).

ADIZ tersebut merupakan perimeter di mana lalu lintas udara dipantau di luar batas wilayah udara nasional untuk memberikan waktu reaksi tambahan jika terjadi tindakan permusuhan.



Intersepsi terhadap pesawat Rusia—di mana mereka dihubungi secara visual atau elektronik oleh pesawat AS atau Kanada—relatif umum terjadi di wilayah tersebut.

“Jet tempur dari Amerika Serikat dan Kanada melakukan pencegatan,” imbuh NORAD.

"Para pesawat pengebom tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika atau Kanada,” lanjut NORAD.

"Aktivitas mereka tidak dipandang sebagai ancaman," imbuh NORAD tanpa merinci jenis jet tempur AS-Kanada yang terlibat dalam misi tersebut.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)