alexametrics

Pemadaman Listrik Lumpuhkan Kota New York

loading...
Pemadaman Listrik Lumpuhkan Kota New York
Pemadaman listrik besar-besaran membuat kota New York lumpuh. Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Pemadaman listrik besar-besaran telah melumpuhkan kota New York. Layanan kereta bawah tanah terhenti dan pusat kota Manhattan, termasuk Rockefeller Center yang ikonik dan Times Square, berubah menjadi gelap.

Perusahaan listrik Con Edison mengatakan sedang mencoba untuk mengembalikan daya ke 62.954 pelanggan setelah sebelumnya terjadi kebakaran di sebuah transformator di sisi barat kota dan menyebabkan pemadaman.

"Kami berharap ini menjadi situasi jangka pendek," kata Gubernur Negara Bagian New York Andrew Cuomo kepada CNN yang dikutip Telegraph, Minggu (14/7/2019).



Pejabat kota kemudian mengatakan mereka mengharapkan listrik kembali normal sekitar tengah malam.

Kebingungan menjadi pemandangan di Manhattan pada Sabtu malam setelah lampu berkedip di Midtown, Hell's Kitchen dan sebagian besar Upper West Side sekitar pukul 19.20 waktu setempat.

Orang-orang berkumpul di sekitar Rockefeller Center dan Times Square berkeliaran di jalanan ketika lampu lalu lintas, restoran, dan layar iklan yang biasanya menyala di daerah itu semuanya mendadak menjadi gelap.

Otoritas Transportasi Metropolitan mentwee ada pemadaman di stasiun bawah tanah yang membatasi layanan kereta bawah tanah dari Bronx, Brooklyn dan Queens ke Manhattan.

Di tengah pemadaman, petugas polisi dan warga sipil mulai mengarahkan lalu lintas sementara truk pemadam kebakaran dan ambulans bergegas melalui jalan-jalan dengan sirene mereka.

Pemadaman itu menyebabkan pembatalan setidaknya beberapa pertunjukan di teater Broadway. Sementara itu lampu di Radio City Music Hall di dekatnya juga gelap.

Konser salah satu diva internasional Jennifer Lopez di Madison Square Garden juga terganggu setelah penyanyi itu membawakan empat lagu. Arena dievakuasi tidak lama setelah pukul 21:30 waktu setempat.

Departemen Pemadam Kebakaran New York kemudian mengatakan di Twitter bahwa pemadaman meluas dari Fifth Avenue ke Sungai Hudson, dan dari 72 Street ke West 40s.

Juru bicara Walikota Bill de Blasio, Freddi Goldstein, mengatakan walikota telah diberi pengarahan dan bahwa Kantor Manajemen Darurat merespons. Goldstein sendiri saat ini berada di jalur kampanye di Iowa,

"Dari apa yang kami lihat saat ini, ini hanyalah masalah mekanis dan sekali lagi, itu terdengar sepertinya dapat diatasi dalam periode waktu yang wajar," kata Walikota de Blasio kepada CNN.

Gubernur Cuomo mengatakan dia mengirim 100 Polisi Negara Bagian dan beberapa personel Garda Nasional ke kota untuk membantu pengendalian lalu lintas.

Pemadaman pada hari Sabtu ini terjadi pada peringatan pemadaman listrik yang meluas pada tahun 1977 yang menyebabkan penjarahan dan pembakaran yang meluas. Kota New York juga sempat mengalami pemadaman besar pada tahun 2003.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak