Siapa Itamar Ben-Gvir? Menteri Keamanan Nasional Israel yang Berulang Kali Menginvasi Masjid Al Aqsa

Minggu, 21 Juli 2024 - 18:35 WIB
loading...
Siapa Itamar Ben-Gvir?...
Itamar Ben-Gvir berulang kali membuat kontroversi dengan menginvasi Masjid Al Aqsa. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Menteri keamanan nasional sayap kanan Israel , Itamar Ben-Gvir, mengunjungi kompleks Masjid Al Aqsa, situs suci paling sensitif di Yerusalem secara berulang kali. Itu menjadi tindakan yang dapat mengancam perundingan gencatan senjata di Gaza.

Itamar Ben-Gvir, seorang pemimpin pemukim ultranasionalis, mengatakan dia pergi ke kompleks Masjid Al-Aqsa di puncak bukit Yerusalem yang diperebutkan untuk berdoa bagi kembalinya para sandera “tetapi tanpa kesepakatan yang sembrono, tanpa menyerah.”

Langkah ini mengancam akan mengganggu perundingan sensitif yang bertujuan mencapai gencatan senjata dalam perang Israel-Hamas yang telah berlangsung selama 9 bulan.

Ini adalah tindakan pembangkangan terbaru yang dilakukan oleh pemimpin pemukim ultranasionalis yang selama beberapa dekade telah mengubah dirinya dari seorang penjahat dan provokator menjadi salah satu politisi paling berpengaruh di Israel.

Ben-Gvir terakhir kali mengunjungi lokasi yang diperebutkan pada bulan Mei, untuk memprotes pengakuan negara Palestina oleh tiga negara Eropa. Kunjungan seperti yang dilakukan Ben-Gvir, meski sah, dipandang sebagai provokasi.

Dalam jabatan Kabinetnya, Ben-Gvir mengawasi kepolisian negara tersebut. Sebagai mitra koalisi utama, Ben-Gvir juga memiliki kekuatan untuk merampas mayoritas parlemen Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan memaksakan pemilihan umum dini.

Melansir AP, Ben-Gvir telah menggunakan pengaruhnya untuk mendorong proyek-proyek kesayangan dan mendorong Netanyahu untuk terus melanjutkan perang di Gaza melawan seruan luas untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata yang akan membawa pulang para sandera.

Kemunculan Ben-Gvir, 48 tahun, adalah puncak dari upaya bertahun-tahun anggota parlemen yang paham media untuk mendapatkan legitimasi. Namun hal ini juga mencerminkan pergeseran ke arah kanan dalam pemilih di Israel yang membawa ideologi agama dan ultranasionalisnya ke dalam arus utama dan menghilangkan harapan bagi kemerdekaan Palestina.

Siapa Itamar Ben-Gvir? Menteri Keamanan Nasional Israel yang Berulang Kali Menginvasi Masjid Al Aqsa

1. Pernah Dihukum 8 Kali

Ben-Gvir telah dihukum delapan kali karena pelanggaran yang mencakup rasisme dan mendukung organisasi teroris. Saat remaja, pandangannya sangat ekstrem sehingga tentara melarangnya melakukan wajib militer.

Ben-Gvir mendapatkan ketenaran di masa mudanya sebagai pengikut mendiang rabi rasis Meir Kahane. Dia pertama kali menjadi tokoh nasional ketika Ben-Gvir memecahkan hiasan kap mobil Perdana Menteri Yitzhak Rabin pada tahun 1995.

“Kami mendatangi mobilnya, dan kami akan menemuinya juga,” katanya, hanya beberapa minggu sebelum Rabin dibunuh oleh ekstremis Yahudi yang menentang upaya perdamaiannya dengan Palestina.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)