Houthi Luncurkan Drone dan Rudal ke Israel sebagai Serangan Balasan

Minggu, 21 Juli 2024 - 15:40 WIB
loading...
Houthi Luncurkan Drone...
Drone Houthi menghujani kota-kota di Israel. Foto/Times of Israel
A A A
GAZA - Kelompok pejuang Syiah Houthi dari Yaman meluncurkan serangan balasan setelah negara Zionis meluncurkan serangan ke wilayahnya.

Menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF), sistem pertahanan jarak jauh Arrow 3 mencegat rudal balistik di luar wilayah udara Israel yang diluncurkan oleh Houthi yang didukung Iran dari Yaman pada Minggu pagi (21/7/2024). Sistem Arrow 3 dirancang untuk menghancurkan rudal balistik saat masih berada di luar atmosfer.

Melansir Times of Israel, sirene terdengar di kota paling selatan Israel, Eilat – yang sering menjadi sasaran serangan rudal dan drone oleh Houthi di Yaman – di tengah kekhawatiran akan jatuhnya pecahan drone dan rudal.

Kelompok Houthi mengklaim telah menargetkan Eilat dengan beberapa rudal balistik, meskipun belum ada laporan mengenai dampaknya di wilayah tersebut.

Itu adalah serangan pertama yang dilakukan oleh pemberontak yang didukung Iran sejak Israel melakukan serangan besar terhadap pelabuhan Hodeida yang dikuasai Houthi di Yaman barat pada hari Sabtu, sehari setelah sebuah pesawat tak berawak yang diluncurkan oleh kelompok tersebut membunuh seorang pria Israel di Tel Aviv.

IDF mengatakan tidak ada perubahan instruksi bagi warga sipil Israel, meskipun mereka telah mengantisipasi tanggapan dari kelompok Houthi.



Dijuluki oleh militer sebagai “Operasi Lengan Terentang,” serangan Angkatan Udara Israel di pelabuhan tersebut bertujuan untuk mencegah Houthi mengimpor senjata Iran, serta menyebabkan kerugian finansial bagi pemberontak yang didukung Iran.

Menurut militer Israel, pelabuhan di kota yang dikuasai Houthi telah berulang kali digunakan untuk mendatangkan senjata dari Iran, dan oleh karena itu Israel melihatnya sebagai target militer yang sah.

Menurut IDF, kelompok Houthi Yaman dalam sembilan bulan terakhir telah menembakkan lebih dari 220 rudal balistik, rudal jelajah, dan drone ke Israel – sebagian besar menuju Eilat – seolah-olah sebagai bentuk solidaritas dengan Jalur Gaza, tempat Israel memerangi teroris Hamas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)