4 Pencapaian Mentereng JD Vance, Cawapres Donald Trump yang Mengejutkan

Kamis, 18 Juli 2024 - 15:45 WIB
loading...
4 Pencapaian Mentereng...
JD Vance memiliki banyak pencapaian sebelum jadi cawapres Donald Trump. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - JD Vance resmi menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Donald Trump pada kontestasi pemilu Amerika Serikat November 2024 mendatang. Ia sebelumnya dikenal sebagai senator dari Ohio.

Penunjukan itu terbilang menarik mengingat dulunya Vance adalah pengkritik Trump. Namun, setelah dirinya masuk kongres, keadaan mulai berbalik hingga mengantarkannya menjadi pendukung vokal Trump.

Pada sepak terjangnya, Vance diketahui sudah banyak mencatatkan pencapaian mentereng. Berikut ini di antaranya yang bisa diketahui.

Pencapaian Mentereng JD Vance

1. Lulus dari Salah Satu Sekolah Hukum Terbaik

Pada berbagai ulasan mengenai latar belakangnya, Vance disebutkan memiliki masa kecil yang cukup sulit. Kendati begitu, ia mampu bertahan dan mengatasi masalah-masalah yang menerpa.

Beranjak dewasa, Vance berkesempatan kuliah di Yale Law School (2010-2013) setelah sebelumnya lulus dari Ohio State University dengan gelar di bidang ilmu politik dan filsafat. Untuk diketahui, Yale Law School sendiri merupakan kampus hukum bergengsi di dunia.

Mengutip USA Today, Universitas Yale merupakan kampus nomor 1 dari 196 dalam kategori "Sekolah Hukum Terbaik". Peringkat tersebut didasarkan pada serangkaian indikator keunggulan yang diterima secara luas.

2. Terkenal dengan Karya "Hillbilly Elegy"

Nama JD Vance mulai terdengar luas pada 2016. Momen ini terjadi setelah penerbitan memoar "Hillbilly Elegy" yang memuat kisah masa kecilnya di Ohio barat daya hingga masuk ke sekolah hukum Yale.

Banyak pengulas Hillbilly Elegy yang memuji Vance karena memberikan wawasan tentang kehidupan kelompok orang Amerika melalui karyanya. Beberapa menganggap bahwa kemiskinan dan ketidakpuasan yang digambarkan Vance telah menjelaskan alasan kelas pekerja kulit putih mendukung orang luar dalam politik seperti Trump.

Setelahnya, memoar Vance itu menjadi buku terlaris. Berkat kesuksesannya, Hillbilly Elegy diadaptasi menjadi film pada 2020 dengan menggandeng Glenn Close dan Amy Adams sebagai bintangnya.


3. Kapitalis Ventura yang Sukses

Pada perjalanan kariernya, Vance juga mencoba peruntungannya sebagai kapitalis ventura (VC). Memulai kariernya sebagai investor junior di Mithril Capital yang didukung Peter Thiel pada 2016, ia bergabung dengan Revolution, sebuah perusahaan modal ventura yang didirikan oleh mantan CEO AOL Steve Case pada 2017.

Pada 2020, Vance meluncurkan perusahaan ventura miliknya sendiri bernama Narya Ventures bersama Colin Greenspon. Sebelum dirinya meninggalkan perusahaan, Narya mengumpulkan lebih dari $93 juta dari para investor termasuk Thiel dan Eric Schmidt dari Google.

4. Terpilih Menjadi Senator AS untuk Negara Bagian Ohio

Sebelum ditetapkan menjadi Cawapres Donald Trump di kontestasi Pilpres AS 2024, JD Vance berstatus Senator Amerika Serikat untuk negara bagian Ohio. Ia terpilih menjadi anggota Senat AS di tahun 2022 dan dilantik pada 3 Januari 2023.

Melihat ke belakang, Vance memutuskan untuk mengikuti pencalonan untuk menggantikan Portman. Menariknya, ia juga mendapat dukungan dari Trump, sosok yang sebelumnya selalu dikritiknya secara tajam.

Itulah sejumlah pencapaian mentereng JD Vance, cawapres Donald Trump yang mengejutkan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)