NATO: Pembicaran dengan Rusia Soal INF Temui Jalan Buntu

Jum'at, 05 Juli 2019 - 21:14 WIB
NATO: Pembicaran dengan Rusia Soal INF Temui Jalan Buntu
NATO: Pembicaran dengan Rusia Soal INF Temui Jalan Buntu
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg menuturkan, pembicaraan terbaru antara NATO dan Rusia mengenai upaya menyelamatkan Perjanjian Nuklir Jangka Menengah (INF) menemui jalan buntu.

"Kami belum melihat tanda-tanda terobosan," kata Stoltenberg kepada wartawan setelah pertemuan Dewan NATO-Rusia, sebuah forum tertutup yang memungkinkan dialog antara diplomat dan pejabat kedua pihak, seperti dilansir Reuters pada Jumat (5/7).

Stoltenberg mengatakan, kemungkinan resolusi dapat dicapai sangat kecil. Tetapi, ucap Stolenberg, NATO tidak menyerah dalam upaya meyakinkan Moskow untuk menghancurkan rudal jelajah SSC-8, yang dinilai melanggar perjanjian INF.

Sementara itu, sebelumnya Presiden Rusia, Vladimir Putin, menandatangani rancangan undang-undang (RUU) yang secara resmi menarik negara itu dari perjanjian INF. Langkah ini menyusul penarikan Washington dari perjanjian yang telah berlangsung selama dasawarsa.

Perjanjian INF ditandatangani oleh Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev pada 1987. Perjanjian itu melarang kedua negara untuk memiliki, memproduksi atau menguji-terbangkan setiap rudal jelajah yang diluncurkan di darat dengan jangkauan 500 km hingga 5.500 km.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5089 seconds (0.1#10.140)