Lewat Twitter, Trump Ajak Jong-un Bertemu di DMZ

Sabtu, 29 Juni 2019 - 07:34 WIB
Lewat Twitter, Trump Ajak Jong-un Bertemu di DMZ
Lewat Twitter, Trump Ajak Jong-un Bertemu di DMZ
A A A
OSAKA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan ia ingin bertemu dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akhir pekan ini di zona demiliterisasi (DMZ) di perbatasan dua Korea.

Trump saat ini tengah berada di Osaka, Jepang, untuk mengikuti KTT G20 dan dijadwalkan tiba di Korea Selatan (Korsel) pada hari Sabtu (29/6/2019). Ia dijadwalkan meninggalkan negara itu pada hari Minggu dan kembali ke Washington.

"Sementara di sana, jika Ketua Korea Utara Kim Jong-un melihat ini, aku akan menemuinya di Perbatasan/DMZ hanya untuk berjabat tangan dan mengatakan Halo(?)!" cuit Trump di Twitter seperti dilansir dari Reuters.

Gedung Putih sendiri sebelumnya menolak untuk mengomentari apakah Trump dijadwalkan untuk menyambangi DMZ selama lawatannya ke Korsel.

Baca Juga: Melawat ke Korsel, Trump Dilaporkan Pertimbangkan Sambangi DMZ

Utusan khusus AS Stephen Biegun mengatakan pada hari Jumat AS siap untuk mengadakan pembicaraan konstruktif dengan Korut untuk menindaklanjuti perjanjian denuklirisasi yang dicapai oleh kedua negara tahun lalu, kata kementerian luar negeri Korsel.

Biegun mengatakan kepada rekannya dari Korsel, Lee Do-hoon, bahwa Washington ingin membuat kemajuan "simultan, paralel" pada kesepakatan yang dicapai pada pertemuan puncak antara Trump dan Kim di Singapura tahun lalu, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Kedua belah pihak sepakat untuk membangun hubungan baru dan bekerja menuju denuklirisasi Semenanjung Korea.

Tetapi perundingan terhenti sejak pertemuan puncak kedua di Vietnam pada Februari gagal karena kedua pihak gagal mempersempit perbedaan antara seruan AS untuk tuntutan denuklirisasi dan tuntutan Korut untuk bantuan sanksi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3748 seconds (0.1#10.140)