alexametrics

Duterte Beri China Hak Istimewa, Boleh Menangkap Ikan di ZEE Filipina

loading...
Duterte Beri China Hak Istimewa, Boleh Menangkap Ikan di ZEE Filipina
Presiden Rodrigo Duterte memberikan China hak istimewa bisa menangkap ikan di ZEE Filipina. Foto/Ilustrasi/Sindonews/Ian
A+ A-
MANILA - China dapat menangkap ikan di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Filipina di Laut China Selatan. Hal itu diungkapkan juru bicara Presiden Rodrigo Duterte, meskipun ada peringatan dari pejabat lain bahwa tindakan ini inkonstitusional.

Juru bicara kepresidenan Salvador Panelo mengatakan Duterte memberikan China "hak istimewa" tersebut atas dasar persahabatan, dan karena pendanaan serta hubungan dagang yang diperluas oleh Beijing kepada pemerintahnya. Hal itu diungkapkan Panelo dalam sebuah wawancara dengan radio lokal DMX.

"Kami melakukan negosiasi dengan China yang akan membantu mengembangkan negara kami. Kami mendapat manfaat dari mereka, jadi mungkin yang diinginkan Presiden adalah bahwa kami juga memberikan sedikit dari apa yang menjadi milik kami," tutur Panelo.



"Duterte tidak akan pernah menyerahkan kedaulatan negaranya," tegasnya seperti dikutip dari Straits Times, Rabu (26/6/2019).

Namun kebijakan Duterte mendapat tentangan dari pejabat pemerintah lainnya, memperingatkan bahwa mengizinkan China menangkap ikan di ZEE Filipina melanggar Konstitusi.

Senator Panfilo Lacson, misalnya, mengatakan dalam sebuah tweet bahwa persahabatan bukanlah dasar untuk melepaskan hak ekonomi eksklusif.

Sementara hakim pengadilan tinggi Antonio Carpio dalam sebuah pernyataan mengatakan Duterte tidak memiliki wewenang untuk melepaskan hak ekonomi ke daerah-daerah yang hanya dapat digunakan oleh orang Filipina berdasarkan Konstitusi.

"Tidak ada pejabat pemerintah yang bisa melepaskan hak berdaulat rakyat Filipina ini tanpa persetujuan mereka," tegasnya.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak