alexametrics

AS Minta Dewan Keamanan Gelar Pertemuan Tertutup Soal Iran

loading...
AS Minta Dewan Keamanan Gelar Pertemuan Tertutup Soal Iran
AS meminta DK PBB menggelar pertemuan tertutup untuk membahas permasalahan Iran. Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Amerika Serikat (AS) meminta Dewan Keamanan (DK) PBB menggelar pertemuan tertutup untuk membahas masalah Iran. Hal itu diungkapan sumber-sumber diplomatik.

Sumber-sumber, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan AS meminta pertemuan diadakan Senin sehingga Washington dapat menyajikan bukti baru tentang serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman yang disalahkan kepada Iran.

Kuwait, yang memegang kursi kepresidenan DK PBB untuk bulan Juni, belum secara terbuka mengkonfirmasi permintaan tersebut seperti dikutip dari Anadolu, Sabtu (22/6/2019).



Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa ia membatalkan serangan balasan terhadap sejumlah target milik Iran yang akan menewaskan 150 orang. Ia menyebutnya sebagai tanggapan yang tidak proporsional terhadap jatuhnya drone Amerika awal pekan ini.

"Kami semalam telah mengokang dan mengisi untuk melakukan serangan balasan dengan tiga sasaran berbeda. Ketika saya bertanya berapa banyak yang akan mati, 150 orang Pak, jawab seorang jenderal," kata Trump di akun Twitternya.

"10 menit sebelum penyerangan, saya menghentikannya. Tidak sebanding dengan menembak jatuh pesawat tanpa awak," imbuh Trump.

Baca juga: Trump Ungkap Alasan Batalkan Serangan Terhadap Iran

Trump telah bersumpah untuk membalas serangan terhadap drone pengintaian Senin oleh Iran. Iran mengatakan pesawat itu melanggar wilayah udaranya ketika ditembak jatuh, tetapi pemerintahan Trump menyatakan drone itu berada di wilayah udara internasional.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak