Iran Mengaku Batal Tembak Jatuh Pesawat Anti Kapal Selam AS

Jum'at, 21 Juni 2019 - 21:12 WIB
Iran Mengaku Batal Tembak Jatuh Pesawat Anti Kapal Selam AS
Iran Mengaku Batal Tembak Jatuh Pesawat Anti Kapal Selam AS
A A A
TEHERAN - Kepala Divisi Kedirgantaraan Garda Revolusi Iran (IRGC), Amirali Hajizadeh mengatakan, Iran telah menunjukan penahanan diri maksimal. Dia menyebut, Teheran bisa menembak pesawat P-8 Amerika Serikat (AS), yang merupakan pesawat anti-kapal selam, namun tidak melakukannya.

Hajizadeh seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (21/6), menuturkan, pesawat P-8 milik Angkatan Laut AS terbang di atas wilayah udara Iran, hampir bersamaan dengan drone AS yang ditembak jatuh.

“Selain pesawat tak berawak AS di wilayah itu, ada ada pesawat P-8 dengan 35 orang di dalamnya. Pesawat ini juga memasuki wilayah udara kami dan kami bisa menembak jatuh, tetapi ternyata tidak," kata Hajizadeh.

Pesawat P-8, atau yang memliki nama lengkap P-8 Poseidon adalah pesawat militer yang dikembangkan untuk Angkatan Laut AS. Pesawat telah dikembangkan oleh Boeing Defense, Space & Security, dimodifikasi dari737-800ERX. Pesawat itu dilengkapi dengan sejumlah senjata, seperti torpedo dan rudal anti kapal.

Selain dipakai oleh AS, pesawat P-8 juga digunakan oleh Angkatan Laut Inggris, Angkatan Laut India dan Angkatan Udara Australia. Selandia Baru dan Norwegia dilaporkan telah memesan beberapa unit pesawat tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3027 seconds (0.1#10.140)