alexametrics

Khamenei Sebut Trump Tidak Layak Diajak Bicara

loading...
Khamenei Sebut Trump Tidak Layak Diajak Bicara
Pemimpin spirtiual tertinggi Iran, Ayatullah Sayyid Ali Khamenei menyebut Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump tidak layak untuk diajak bicara. Foto/Istimewa
A+ A-
ANKARA - Pemimpin spirtiual tertinggi Iran, Ayatullah Sayyid Ali Khamenei menyebut Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump tidak layak untuk diajak bicara. Oleh karena itu, Khamenei mengaku tidak sudi berbalas pesan dengan Trump.

Berbicara saat melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe di Teheran. Khamenei mengatakan sangat menyambut baik niat Tokyo untuk menengahi ketegangan antara Teheran dan Washington.

"Kami tidak meragukan niat baik dan keseriusan Anda, tetapi mengenai apa yang Anda kutip dari Presiden AS, saya pribadi tidak menganggap Trump layak untuk bertukar pesan dan tidak memiliki dan tidak akan menanggapinya," kata Khamenei, seperti dilansir PressTV pada Kamis (13/6).



Salah satu fokus kunjungan Abe, yang merupakan kunjungan pertama yang dilakukan Perdana Menteri Jepang ke Iran dalam kurun waktu 41 tahun terakhir, sendiri memang adalah mencoba menengahi ketegangan Iran dan AS.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang, yang berbicara dalam kondisi anonim mengatakan, Tokyo adalah satu-satunya pihak yang bisa menjadi penengah ketegangan ini. Hal ini, lanjut pejabat itu, karena Jepang memiliki hubungan yang sangat baik dengan kedua belah pihak.

"Jepang adalah satu-satunya negara yang dapat diajak bicara oleh kedua belah pihak," ucapnya dan mencatat bahwa Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif melakukan kunjungan mendadak ke Jepang pada pertengahan Mei, beberapa hari jelang kunjungan kenegaraan Donald Trump ke Tokyo.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak