5 Fakta Kemenangan Partai Buruh, Salah Satunya Isu Palestina Jadi Penentu

Sabtu, 06 Juli 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Namun perolehan suara keseluruhan partai kiri-tengah meningkat kurang dari 2 poin persentase.

Meski meraih 64 persen kursi, partai tersebut hanya meraih 34 persen suara sebenarnya.

Pada tahun 2019, ketika partai tersebut dipimpin oleh Jeremy Corbyn, yang popularitasnya rendah dianggap sebagai penyebab kekalahan Partai Buruh, perolehan suara hanya sedikit.

Pemungutan suara pada hari Kamis dirusak oleh rendahnya jumlah pemilih. Enam puluh persen pemilih memberikan suara mereka, turun dari 67 persen pada tahun 2019. Jumlah ini merupakan jumlah pemilih terendah kedua, yang biasanya melebihi 65 persen, dalam pemilihan umum sejak tahun 1885.

“Dalam banyak hal, ini lebih terlihat seperti kekalahan yang dimenangkan oleh Partai Konservatif dibandingkan dengan kemenangan Partai Buruh,” tulis John Curtice, profesor politik di Universitas Strathclyde, untuk BBC.


4. Kelompok Independen Pro-Palestina Menantang Sistem Tersebut

Lima tokoh independen pro-Palestina memenangkan kursi ketika perang Israel di Gaza menjadi isu utama bagi para pemilih di Inggris.

Corbyn memegang kursinya di Islington North sebagai kandidat independen. Shockat Adam di Leicester Selatan, Ayoub Khan di Birmingham Perry Barr, Adnan Hussain di Blackburn dan Iqbal Mohamed di Dewsbury dan Batley semuanya memenangkan kursi.

“Ini untuk masyarakat Gaza,” kata Adam setelah diumumkan sebagai pemenang.

Semua pesaing ini mengalahkan petahana Partai Buruh.

Baik Partai Konservatif maupun Partai Buruh tidak menyerukan gencatan senjata segera. Mereka berdua mendukung apa yang mereka sebut “hak untuk membela diri” Israel, yang menyebabkan ketidakpuasan di kalangan pemilih pro-Palestina dan Muslim.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)