Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Mata-mata AS Secara Tak Aman

Rabu, 05 Juni 2019 - 09:54 WIB
Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Mata-mata AS Secara Tak Aman
Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Mata-mata AS Secara Tak Aman
A A A
WASHINGTON - Pesawat jet tempur Rusia melakukan intersepsi atau pencegatan terhadap sebuah pesawat mata-mata Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di wilayah udara internasional di atas Laut Mediterania. Menurut militer Washington, intersepsi terjadi tiga kali dalam tiga jam, termasuk dengan manuver berkecepatan tinggi yang tidak aman.

Armada Keenam militer AS mengatakan intersepsi dengn kecepatan tinggi itu menempatkan pesawat peingintai Angkatan Laut AS berada dalam risiko berbahaya.

"Ketika pesawat Rusia beroperasi di wilayah udara internasional, interaksi ini tidak bertanggung jawab," kata Armada Keenam dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Rabu (5/6/2019).

"Kami berharap mereka berperilaku dalam standar internasional yang ditetapkan untuk memastikan keamanan dan mencegah insiden," lanjut pernyataan tersebut.

Pesawat mata-mata Angkatan Laut AS yang diintersepsi adalah P-8A Poseidon. Armada Keenam Amerika tak merinci jenis jet tempur Rusia yang dituding melakukan pencegatan berbahaya itu.

Armada Keenam mengatakan intersepsi pertama dan ketiga terhadap P-8A Poseidon aman tetapi intersepsi kedua melibatkan lintasan berkecepatan tinggi langsung di depan pesawat AS yang menghasilkan turbulensi. "Dan menempatkan pilot dan kru kami dalam risiko," imbuh pernyataan Armada Keenam.

Militer Rusia belum berkomentar atas tuduhan militer Amerika tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4816 seconds (0.1#10.140)