Jet Tempur Rusia dan Pesawat Pengintai AS Terlibat Insiden di Laut Hitam

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 06:19 WIB
loading...
Jet Tempur Rusia dan Pesawat Pengintai AS Terlibat Insiden di Laut Hitam
Jet tempur Su-30SM Rusia. Foto/The Aviation
A A A
MOSKOW - Sebuah jet tempur Su-30SM milik Rusia mencegat pesawat pengintai Boeing RC-135 Amerika Serikat (AS) di Laut Hitam. Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Menurut pernyataan dari Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia, pesawat AS mendekati perbatasan negara. Pernyataan itu mencatat bahwa jet tempur Su-30 SM mencegah pesawat AS melanggar perbatasan Rusia.

(Baca juga : Kalah KO Ronde 5, Dillian Whyte: Berikan Aku Pertarungan Ulang Itu! )

Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia mengatakan bahwa jet Su-30SM mendekati pesawat AS pada jarak yang aman dan setelah berbalik, pesawat tersebut kembali ke pangkalan udaranya.

"Penerbangan dan intersepsi pesawat pengintai dilakukan secara ketat sesuai dengan aturan internasional tentang penggunaan wilayah udara," kata Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia dalam pernyataannya seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (22/8/2020). (Baca: Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat 2 Pesawat Pengintai AS di Laut Hitam )

Perkembangan itu terjadi setelah jet tempur Rusia beberapa kali pada awal pekan ini mencegat pesawat Inggris, Prancis, dan AS yang melakukan misi pengintaian di Laut Hitam dekat perbatasan Rusia.

Pesawat P-8 Poseidon dan RC-135 AS dicegat oleh militer Rusia pada 19 Agustus. Pada hari yang sama, RC-135 AS dicegat oleh Su-27 di atas wilayah Baltik dekat perbatasan negara. (Baca: Lagi, Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat dan Usir Pesawat Mata-mata AS )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)